BI Pantau Harga Pangan Lewat Aplikasi

Petani maupun konsumen perlu mengetahui dengan benar informasi harga pasar. (foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bank Indonesia (BI) tengah menyiapkan aplikasi yang bisa memantau harga pangan. Hal ini untuk menekan terjadinya inflasi baik di daerah maupun nasional.

“Kita buat aplikasi ini karena melihat komoditas pangan masih menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya inflasi,” kata Deputi Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI, Noor Yudanto, yang dilansir Antara baru-baru ini.

Diungkapkannya, nantinya aplikasi itu bisa diunduh di toko aplikasi Google Play atau Apps Store. Aplikasi pangan yang dibuat BI itu berisi harga komoditas pangan di pasar, info stok bahan pokok beras, daging maupun sayur.Tak hanya itu, di aplikasi tersebut nantinya juga akan ada fasilitas eCommerce untuk kemudahan transaksi online.

“Informasi harga sudah hampir update dari 80 kota di Indonesia. Tiap kota ada 34 pasar utama, tapi aplikasi yang resminya memang belum diluncurkan. Kami sudah melaporkan ini kepada Pak Presiden. Setidaknya dari aplikasi ini masyarakat bisa mendapat gambaran harga ketika akan belanja di pasar,” ujarnya.

Deputi Direktur Departemen Regional BI Budiono mengatakan, sejauh ini, informasi harga pangan baru bisa diakses melalui website. “Aplikasi yang bisa diunduh masih belum kami launching. Sementara masih melalui website dulu,” ujarnya.

 

STEVY WIDIA