Bekraf Terapkan Sistem Box Office Terintegrasi

Antrian penonton film. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) akan memberlakukan sistem box office terintegrasi di mana bioskop melaporkan data statistik transparan seputar penayangan film. Data ini berisi mulai dari jumlah penonton, berapa layar bioskop yang menayangkan sebuah film dan persebaran penonton di tiap daerah.

“Bioskop yang ikut memberikan data akan mendapat insentif,” kata Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah BEKRAF Endah Wahyu Sulistianti di Korea-Indonesia Cinema Global Networking belum lama ini di Jakarta.

Selama ini, data tersebut tidak dipaparkan secara transparan oleh bioskop. Produser juga biasanya harus mencari tahu sendiri ke bioskop-bioskop mengenai data penayangan film mereka.

“Itu (sistem box office terintegrasi) bisa jadi database buat produser film untuk mengembangkan filmnya lebih lanjut,” ucap Endah.

Sistem box office terintegrasi di bawah Pusat Pengembangan Film Kemendikbud ditargetkan selesai tahun ini. Sistem tersebut nantinya digunakan untuk memetakan pasar film nasional, memastikan promosi film lebih tepat sasaran hingga menyelenggarakan lokasi pertunjukan baru.

STEVY WIDIA