Bekraf Gelar Startup Pitch Day Bali

Para pemenang Startup Pitch Day di Bali. (Foto: Bekraf/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Startup Pitch Day kelima di Kuta, Bali. Para peserta pitch day hari ini berasal dari berbagai subsektor industri kreatif, antara lain kuliner, fashion, dan pendidikan. Juga ada lagi dari subsektor aplikasi, game, market place, serta kerajinan.

Dari 24 peserta, lima startup dipilih menjadi yang terbaik. Mereka adalah GoLab, Tuntun, The Profit, PanenID, dan WonderMice. Mereka dipilih oleh dewan juri yang terdiri Sugeng Santoso, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf; Dondi Hananto, Unitus Impact; Natalia Rialucky, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) serta Faye Scarlet Alund, Co-Founder Kumpul Co Working Place.

“Startup Pitch Day merupakan lokakarya (workshop) yang diselenggarakan Bekraf dalam rangka menyiapkan para pebisnis startup makin mumpuni mengembangkan bisnis, meningkatkan skala bisnis, serta mempunyai pengetahuan bagaimana menggaet investor. Di samping itu, para pendiri startup juga mempunyai kesempatan belajar satu sama lain, memperluas jaringan (network), serta menyempurnakan ekosistem startup di daerah masing-masing,” ungkap Sugeng Santoso, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, dalam siaran pers, Minggu (25/9/2016) di Bali.

Menurut dia, kelima startup terpilih dari Bali itu berhak mengikuti final Startup Pitch Day di Denpasar, Bali, November nanti.

Deputi II Bidang Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, mengatakan, tujuan utama kegiatan ini adalah membangun dana ekonomi kreatif dan meningkatkan kesiapan pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan skala bisnis mereka. Ia pun berharap, berharap, para pendiri startup bisa belajar satu sama lain.

“Narasumber yang merupakan investor juga kami hadirkan supaya mereka merasakan pengalaman nyata pitching di depan para investor dan meyakinkan investor bahwa usaha mereka layak untuk dimodali,” ujar Fadjar

Karena itu ajang ini juga menjadi wadah bertemu dengan para narasumber yang juga berasal dari kalangan investor. Sehingga, mereka memiliki pengalaman mempresentasikan usaha di hadapan investor sekaligus membuka akses permodalan yang lebih besar dari investor yang bersangkutan.
Berikut kelima startup pemenang Startup Pitch Day Bali :
1. GoLab merupakan startup yang mengembangkan aplikasi online laboratorium. Hadi, Chief Executive Officer (CEO) GoLab mengatakan ini merupakan aplikasi online yang paling unik dan nomor satu di Indonesia. GoLab yang masih prototype, dan akan dirilis Januari 2017.
2. Tuntun merupakan startup yang mengembangkan aplikasi mobile untuk memberi solusi di bidang subsektor industri kreatif pariwisata. Aplikasi yang akan diluncurkan Oktober 2016 ini mengarahkan wisatawan dan memberi informasi spot-spot wisata.
3. The Profit yang membuat game simulasi usaha seputar startup. “Kami menyediakan layanan aplikatif berupa strategi bisnis dan modul bisnis yang fokus pada bidang edukasi bisnis. Sehingga, the Profit memberikan solusi tujuan perusahaan, yaitu mencapai profit semaksimal mungkin,” ungkap Toni, founder The Profit.
4. PanenID menawarkan fitur direct trading, peta persebaran komoditas, dan fitur rantai distribusi yang efisien. PanenID akan beroperasi penuh pada tahun 2017.
5. WonderMice adalah platform website dan aplikasi mobile yang fokus pada event. WonderMice menyediakan jasa booking alias reservasi tempat serta penanganan event. Platform ini manawarkan kemudahan, hemat waktu, harga sesuai, dan tenaga professional yang berpengalaman di bidang event.

Sebelumnya, Bekraf telah menggelar acara serupa di empat kota, yaitu Depok, Jawa Barat (30/8); Medan, Sumatera Utara (3/9); Malang, Jawa Timur (9/9); dan Bandung, Jawa Barat (17/9). Semua finalis akan berkumpul kembali di Bali pada November mendatang.

STEVY WIDIA