Bekraf Gelar Developer Day di Medan

Bekraf mengadakan Developer Day pada 1-2 Oktober 2016 di Medan, Sumut. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar program “Developer Day” di Medan, Sumatera Utara. Program ini menghadirkan sejumlah pakar dan pelaku industri untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi serta membangun ekosistem yang berkualitas bagi para startup digital di wilayah ini.

Ricky Pesik Wakil Kepala Bekraf mengatakan, saat ini Indonesia membutuhkan para pengembang industri digital (developer) lokal yang berkualitas tinggi. Untuk itu Bekraf siap memberikan dukungan, pengalaman, dan tips dalam melakukan pengembangan industri digital khususnya seputar internet of things (IoT) dan aplikasi Andorid di Kota Medan, Sumatera Utara.

“Saya melihat potensi di Indonesia khususnya di Medan terhadap pengguna digital begitu besar. Hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi smartphone dan basic internet untuk dijadikan salah satu media komunikasi,” katanya dalam siaran pers Minggu (2/10/2016) di Medan.

Menurut Ricky, program ini juga ingin mewujudkan pemerataan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di Indonesia khususnya di bidang digital. Bahkan khusus di Medan, Bekraf Developer Day menghadirkan sejumlah pakar dan pelaku industri startup digital. Kepada 535 peserta yang hadir, para pemateri memberikan dukungan, pengalaman, tips dan inspirasi dalam pengembangan industri digital, khususnya seputar “internet of things” (IoT) dan aplikasi Android.

“Bekraf siap membantu masyarakat di Kota Medan, khususnya anak-anak muda untuk bisa menjalankan startup-nya dengan memanfaatkan digital yang sangat memiliki potensi sangat baik,” katanya menambahkan.

Sejumlah hal yang dipelajari diantaranya tentang menentukan arah dan jenis aplikasi yang ingin dibuat serta memilih jenis platform yang sesuai untuk awal pengembangan aplikasi. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memperbanyak developer lokal yang bisa bersaing secara global.

Ricky kembali mengatakan, dengan melatih dan terus mengembangkan aplikasi yang ingin dibuat serta memilih jenis platform yang pas untuk awal pengembangan aplikasi, imbuhnya, juga harus dilakukan dengan proses yang serius oleh para pelaku.

“Ini akan menjadi potensi baik melihat pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya memiliki potensi yang terus meningkat dan sangat membuka peluang untuk para startup memanfaatkan kesempatan ini agar muda untuk menjalankan developer-nya dengan hasil yang maksimal juga. Ini juga mendukung agar pencapaian yang dicapai anak negeri tidak kalah dengan para startup yang ada di luar negeri,” pungkasnya.

Acara Developer Day sebelumnya telah digelar di Bandung (28/5), Yogyakarta (30/7) dan Surabaya (4/9).

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY