Bekraf Akan Fasilitasi Startup Bersaing di Startup World Cup 2017

Bekraf Akan Fasilitasi Startup Bersaing di Startup World Cup 2017 (Foto: Bekraf/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan grand final Startup World Cup (SWC) Indonesia yang berhasil diikuti oleh 16 perusahaan rintisan atau startup di bidang industri kreatif digital.

“Kami telah mendapatkan enam pemenang dari roadshow kami di Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar serta 10 startup terpilih dari jalur umum untuk berkompetisi di grand final ini,” ujar Deputi II Bidang Akses Permodalan Fadjar Hutomo, di Jakarta 23 Agustus 2016.

16 finalis yang bersaing di Jakarta ini adalah startup sektor ekonomi kreatif yang telah menjalani proses seleksi dan penjurian. Mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan, antara lain: sudah pernah mengikuti program inkubasi atau teknologi, produk sudah pernah up and running lebih dari dua bulan, serta terdapat early attraction berupa traffic, membership dan revenue.

Fadjar menambahkan, bahwa enam peserta hasil grand final akan difasilitasi untuk bersaing di Startup World Cup 2017 yang akan diselenggarakan di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada 24 Maret 2017. Mereka akan berkesempatan meraih hadiah satu juta dolar Amerika Serikat dan bertemu startup serta investor dari berbagai belahan dunia.

“Kompetisi ini memperbesar peluang startup untuk mendapatkan modal ventura. Bekraf menggandeng Fenox sebagai mitra yang sudah berpengalaman menyelenggarakan acara serupa sehingga para pelaku ekonomi kreatif ini mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas secara global. Enam travel grant kami siapkan untuk enam startup terpilih pada kompetisi ini,” tegas Triawan Munaf, Kepala Bekraf.

SWC Indonesia merupakan acara kompetisi puncak dari tahapan seleksi sejumlah 660 pelaku ekonomi kreatif dan/atau pelaku perusahaan rintisan di bidang aplikasi digital di berbagai kota. Di antaranya ialah Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar.

SWC Indonesia adalah model kompetisi yang difasilitasi Bekraf sebagai kesempatan untuk menuju kompetisi tingkat dunia, yaitu SWC 2017 yang akan diselenggarakan di Silicon Valley, Amerika Serikat. Selain menyelenggarakan seleksi di enam kota tadi, Bekraf juga memilih 10 startup yang difasilitasi sehingga terdapat total 16 peserta di tingkat grand final.

SWC Indonesia memberikan peluang kepada para pelaku ekonomi kreatif untuk mempersiapkan diri dalam upaya mendapatkan akses permodalan dari investor. Mereka berkesempatan mempresentasikan model bisnis di hadapan juri, mentor, dan sesama peserta yang lain.

Salah satu peserta grand final dari Bandung, Dayang menjelaskan bahwa ia mengetahui kompetisi ini melalui Startup Bandung Community. Dayang adalah pelaku startup di bidang fesyen yang menghubungkan pemasok busana muslim Indonesia ke luar negeri. Ia terpilih melaksanakan pitching, yaitu presentasi model usaha kepada investor di hadapan dewan juri di Bandung.

“SWC Indonesia merupakan ajang bagus untuk expose ide kami. Melalui kompetisi ini, kami melatih diri untuk mempresentasikan apa yang sudah kami lakukan selama ini, meningkatkan pelayanan kami, evaluasi diri, and do better,” ungkap Dayang.

Dayang merupakan salah satu peserta yang sudah menuai langsung manfaat dari kompetisi ini. Dia mengaku telah didatangi beberapa media yang tertarik meliput usaha kreatifnya. Dia berharap mendapat lebih banyak supplier di Indonesia, partner, re-seller, hingga investor melalui kompetisi ini. “Bisnis disebut bisnis jika ada pelanggan,” tegas Dayang.

Berikut adalah 16 finalis grand final SWC Indonesia, yaitu Qlue (Aplikasi Berbasis Media Sosial), Ahlijasa (Layanan Pemesanan Jasa Rumah Tangga), Taralite (Layanan Pinjam Uang Online), Kashmi (Alat Pembayaran Virtual), U-Hop (Layanan Booking Transportasi Untuk Shuttle), Klikdaily (Aplikasi Penyedia Kebutuhan Rumah Tangga), Talenta (Platform Pengelola Human Resource Berbasis Cloud), Kioson (Platform Kios O2O Untuk Ecommerce), Recomn (Startup Jasa On-Demand), Pro Sehat (Aplikasi Kesehatan Tanya Dokter Dan Apotek Online), Denim Club, Azzam Trade, Paprika, Ojesy, Tiketbusku.com dan Taxies Indonesia.

Mereka pun berkesempatan memenangkan US$ 1,000,000 (Rp 14 miliar) dalam bentuk investasi dan hadiah lainnya.

 

FAHRUL ANWAR