Baru 1,6% Penduduk Indonesia Jadi Wirausaha

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga membuka The 4th Asian SME Conference 2016. (Foto: Kemenkop&UKM/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendorong sektor kewirausahaan bertumbuh dan wirausaha baru terus bermunculan. Para wirausaha pemula diharapkan memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan usaha.

“Baru 1,6 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia yang mengambil keputusan menjadi wirausaha,” ujar Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam acara yang diselenggarakan Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional Pemuda Indonesia (HGKNPI) di Jakarta, belum lama ini.

Salah satu contoh yang disebutkan Puspa Yoga terkait teknologi adalah situs buatkontrak.com. Di situs itu, para wirausaha bisa membuat dan meninjau surat-surat perjanjian atau kontrak bagi UKM.

Meskipun bidang usaha yang dijalankan masih konvensional, namun kehadiran surat perjanjian/ kontrak untuk mengatur hak dan kewajiban pelaku usaha dengan mitranya sangat diperlukan. Kontrak inilah yang menjadi rambu-rambu hubungan bisnis di antara para pihak terkait.

Dalam acara bertema Getting Spirit of Entrepreneurship, HGKNPI bertransformasi menjadi Himpunan GKN Indonesia supaya semangat kewirausahaan tidak hanya bagi pemuda tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

Hasil perumusan akan dituangkan dalam program pelatihan wirausaha di daerah-daerah di seluruh nusantara dalam setahun ke depan, termasuk salah satunya edukasi dan pelatihan hukum perjanjian (bisnis) bagi wirausaha daerah oleh buatkontrak.com. Program tersebut dibuat atas dasar Perjanjian Kerja Sama Kemitraan antara Himpunan GKN Indonesia dengan buatkontrak.com (PT Teras Perjanjian Digital) yang disaksikan langsung Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply