Bank & UMKM Expo Kembali Digelar

YOUNGSTERS.id - – Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Wilayah Jawa Timur, didukung Pemprov Jatim, Bank Indonesia Jatim, dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, kembali menggelar Bank & UMKM Expo 2016.  Pameran digelar mulai 11 – 14 Februari 2016.

Bank & UMKM Expo 2016 mengambil tema Menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2016. Hal ini dipakai untuk menggambarkan kesiapan para UMKM di Jawa Timur dalam menghadapi pasar bebas barang dan jasa di Asia Tenggaran.

“Pameran ini untuk meningkatkan potensi daya saing berbasis ekonomi kreatif oleh usaha mikro, kecil, dan menengah di Jawa Timur,” kata R. Soeroso, Ketua Panitia Bank & UMKM Expo 2016, seperti dilansir Bisnis.com (11/2/2016).

Disebutkannya, pameran tahun ini menghadirkan 110 stand sebagai wadah bagi pelaku perbankan dan UMKM mempertontonkan kiprahnya. “Ini untuk memperkuat daya saing UMKM dalam era MEA,” ucap pria yang juga menjabat direktur utama Bank Jatim ini.

Menurut Soeroso, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) jangan hanya dipandang sebagai ancaman bagi daya saing pebisnis dalam negeri termasuk UMKM. Era ini justru bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena membuka kesempatan ekspor ke Asia Tenggara.

Untuk bisa memanfaatkan MEA, pelaku UMKM terlebih dulu harus menyanggupi beberapa hal. Pertama kesinambungan atau jaminan suplai barang, dan kedua memenuhi standar kualitas global. Guna memenuhi dua aspek ini dibutuhkan permodalan yang kuat, di sinilah bank memainkan peran.

“Kami siap membiayai UMKM, sehingga pebisnis home industry bisa memenuhi kebutuhan ekspor,” ucap Soeroso.

Dalam mendukung pembiayaan bisnis, Bank Jatim sendiri menyediakan sejumlah fasilitas, seperti pembukaan rekening. Selain ini juga ada konsultasi produk kredit, layanan syariah, konsultasi priority banking, pelayanan debitur dan UMKM, serta cuci emas.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA