Bali Sandang Destinasi Terbaik di Dunia

Objek wisata Bedugul, Bali. (Foto : DisparBali/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bali menyandang predikat sebagai destinasi terbaik dunia versi TripAdvisor. Ini merupakan destinasi pertama di Asia yang meraih posisi puncak World’s Best Destination dalam TripAdvisor Travellers’ Choice Award.

TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2017 merupakan bentuk apresiasi yang digagas oleh situs wisata terbesar di dunia, TripAdvisor kepada para pelaku, penggiat dan stakeholder pariwisata di berbagai belahan dunia atas upaya mereka mengembangkan sektor tersebut.

Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat oleh wisatawan diseluruh dunia dalam kurun 12 bulan atas 418 destinasi unggulan lain diseluruh belahan dunia.

Bertempat di Seminyak, Kabupaten Badung Head of Destination Marketing for TripAdvisor, Asia Pacific Sarah Mathews menyerahkan secara simbolis penghargaan TripAdvisor Travellers’ Choice Award untuk Bali sebagai World’s Best Destination kepada Asisten II Setda Bali Dewa Sunarta.

Penyerahan penghargaan ini disaksikan langsung oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana dan para pelaku industri pariwisata di Bali.

“Ini merupakan suatu kehormatan atas terpilihnya Bali menjadi destinasi wisata terbaik di dunia pada tahun ini. Di Asia baru Bali yang berhasil meraih predikat ini,” ungkap Gde Pitana, dalam siarna pers Kamis (20/4/2017) di Bali.

Pitana menjelaskan, bahwa diterimanya TripAdvisor Travellers’ Choice Award ini mendukung upaya mencapai 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Tak hanya itu, Wonderful Indonesia yang menjadi branding pemasaran pariwisata Indonesia bakal makin bergaung.

I Gde Pitana juga mengungkapkan, selain Bali sebagai destinasi terbaik di dunia, Pulau Lombok juga masuk dalam 10 besar destinasi terbaik di kawasan Asia.

Pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan.

Dari sisi ulasan terkait Bali di TripAdvisor juga terjadi pertumbuhan pada 2016 pada tiga kategori utama yaitu akomodasi (25%), daya tarik (38%) dan restoran (38%). Data-data itu menunjukkan adanya ketertarikan yang berkelanjutan dari masyarakat global terkait pariwisata Bali secara keseluruhan.

Menurut data yang bersumber dari TripAdvisor, negara terbanyak yang mencari informasi mengenai Bali di TripAdvisor adalah China dengan pertumbuhan 73%, diikuti oleh Belanda 57% dan India 37‎%

“Bali merupakan tujuan wisata dengan pengalaman terbaik bagi berbagai jenis wisatawan, baik wisata alam, budaya, maupun gastronomi sehingga tak aneh jika mereka ingin berbagi pengalaman ini kepada dunia,” kata Head of Destination Marketing for TripAdvisor, Asia Pacific Sarah Mathews.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY