Babel Tuan Rumah Debat Bahasa Nasional

ilustrasi

YOUNGSTERS.id - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah ajang debat bahasa Indonesia dan bahasa asing tingkat nasional untuk sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Babel ditunjuk Kemendikbud sebagai tuan rumah ajang lomba debat bahasa Indonesia dan enam bahasa asing yang akan diikuti oleh jagoan bahasa dari 33 provinsi di Indonesia,” kata Eddy Jajang Atmaja Humas Universitas Bangka Belitung (UBB), di Pangkalpinang, dilansir Antara, Jumat (15/4/2016).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama enam hari yaitu pada 10-15 Oktober 2016. “Staf Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud langsung datang ke Babel untuk melakukan survei lokasi yang tepat untuk kegiatan itu,” ujarnya.

Eddy menambahkan, kampus yang didatangi staf Kemendikbud adalah STAIN SAS, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung di Sungailiat dan kampus UBB di Balunijuk.

“Survei tersebut sebagai audit kelayakanan kampus untuk melaksanakan debat bahasa berdasarkan infrastruktur dan luas wilayah kampus,” jelasnya.

Bahasa asing yang dilombakan adalah bahasa Jepang, Mandarin, Inggris, Korea, Prancis dan Jerman. Dan sedikitnya 1.500 peserta akan mengikuti lomba debat bahasa itu dan mereka adalah pemenang debat dari 33 provinsi.

“Mereka bakal datang bersama mentor masing-masing. Jumlah semuanya sekitar 1.500 orang dan pihak panitia akan menyediakan sekitar 30 bus untuk membawa peserta,” jelas Eddy.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY