Azzam Trade Raih Wildcard di Startup World Cup

Azzam Trade pemenang dalam gelaran Startup World Cup (SWC)-Bandung. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Azzam Trade, marketplace busana muslim berorientasi ekspor-impor, menjadi pemenang dalam gelaran Startup World Cup (SWC)-Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).Kemenangan Azzam merupakan bagian dari roadshow SWC, Selasa (26/7/2016) di kota Bandung, Jawa Barat.

Pemenang diumumkan langsung oleh Jeff Quigley, manajer Fenox Venture Capital (Fenox VC) untuk regional Asia Tenggara. Fenox VC merupakan perusahaan pemodal ventura (venture capital firm) yang menjadi penyelenggara utama Startup World Cup.

Selain Jeff, bertindak sebagai juri adalah Deputi Bidang Akses Permodalan BEKRAF Fadjar Hutomo, CEO Urbanindo Arif Tirta, serta CEO Tinker Games sekaligus pegiat komunitas startup Bandung, Muhammad Ajie Santika.

Azzam didirikan oleh Dayang Melati, Azzam Trade mengalahkan para pesaingnya antara lain Kanaka yang menawarkan platform investasi emas, serta Mandala yang menjembatani kesulitan memperoleh sponsor dalam event di kampus.

Azzam Trade, ujar Dayang, menawarkan solusi platform yang akan menjembatani produsen busana muslim Indonesia yang terus berkembang untuk menyasar pasar busana muslim di negara lain. Dayang menilai, selama ini terdapat kendala bahasa dan akses dalam menembus pasar hijab luar negeri, terutama di negara Timur Tengah maupun negara berpenduduk Muslim lainnya di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Azzam Trade menawarkan jasa pengurusan ekspor-impor busana tersebut, dengan skema pembayaran 50 % terlebih dahulu.

Sementara itu, Jeff mengaku senang dengan tingginya peminat dan sejumlah ide menarik dalam gelaran tersebut. Ia optimistis startup Indonesia akan berbicara banyak dalam global pitching pada 2017 nanti.

Untuk diketahui, kompetisi startup ini berhadiah total US$ 1 juta (sekitar Rp 14 miliar). Sebelum di Bandung, kompetisi ini sudah dilaksanakan di Balikpapan dan Makassar. Selanjutnya akan dilakukan di Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Babak final skala nasional akan dilangsungkan di Jakarta pada 23 Agustus mendatang. Sepuluh startup terbaik dari enam kota akan diundang melakukan pitching dan mewakili Asia Tenggara untuk bertarung Grand Final Startup World Cup 2017.

Selain itu, pemenang regional akan diundang ke Silicon Valley untuk mengikuti program akselerasi, menghadiri konferensi global, dan melakukan pitching di hadapan juri dan investor internasional untuk memperebutkan hadiah utama.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY