Awas Ada Tiket Palsu Olimpiade Rio de Janeiro

Maskot olimpiade olah raga 2016 di Rio de Janeiro Brazil. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Olimpiade Rio de Janeiro siap digelar. Namun Anda sebaiknya berhati-hati, karena perhelatan akbar ini juga menarik perhatian spammer yang ingin mendapatkan uang dari orang-orang yang mudah percaya sehingga seringkali menjadi korban penipuan. Termasuk memberi tiket palsu pertandingan.

Baru-baru ini para ahli Kaspersky Lab mendeteksi adanya e-mail spam yang didedikasikan untuk Olimpiade di Rio de Janeiro. Topik yang paling sering digunakan oleh email spam ini adalah korban memenangkan tiket lotere palsu yang diselenggarakan Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah Brasil.

Spammer mencoba untuk meyakinkan korban bahwa alamat email mereka telah dipilih secara acak dari daftar peserta undian. Untuk menerima hadiah mereka, korban harus membalas email spam tersebut dan memberikan informasi pribadinya.

Menurut penelitian Kaspersky Lab, kelompok penipu internasional menjadi dalang dari pembuatan layanan tiket palsu untuk pertandingan pada Olimpiade 2016. Para ahli Kaspersky Lab pertama kali menemukan email spam mengenai Olimpiade ini pada awal tahun 2015, setahun sebelum acara dilangsungkan.

Topik yang paling sering digunakan oleh email spam ini adalah korban memenangkan tiket lotere palsu yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Internasional dan pemerintah Brasil.

Mayoritas email spam berbahasa Inggris, dan beberapa menggunakan bahasa Portugis sesuai dengan lokasi olimpiade tahun ini. Menurut penelitian Kaspersky Lab, kelompok penipu internasional menjadi dalang pembuatan layanan tiket palsu pertandingan Olimpiade 2016.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY