ASEAN Dorong Ekonomi Digital Dan Wirausaha

YOUNGSTERS.id - – Ekonomi digital dan kewirausahaan akan menjadi fokus dalam pertemuan para kepala negara/pemerintahan ASEAN dan Amerika Serikat pada hari pertama pertemuan ASEAN-US Summit pada 15-16 Februari 2016 di Palmspring California, AS.

Negara-negara ASEAN akan mendorong peningkatan kerja sama ekonomi di bidang mikro dan usaha kecil menengah, termasuk pengembangan ekonomi digital di kawasan tersebut.

Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong menilai digital ekonomi akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan ekonomi nasional, khususnya untuk membantu meningkatkan kemampuan dan daya saing UMKM ASEAN.

“Bagi Indonesia, hal ini merupakan salah satu fokus pembangunan ekonomi dalam upaya meningkatkan kontribusi UKM ke produk domestik bruto (PDB),” kata Thomas dalam siaran pers Senin (15/2/2016).

Selain mendorong peningkatan kerja sama ekonomi di bidang UKM dan pengembangan ekonomi digital, ASEAN juga mendorong promosi kewirausahaan dan peningkatan inovasi di sektor tersebut.

Untuk menindaklanjuti rencana tersebut, sejumlah pertemuan akan dilakukan  dantaranya, pertemuan Indonesia dengan  Laos dan Vietnam pada 15 Februari 2016. Selain itu juga direncanakan pertemuan Caucus para Menteri Ekonomi ASEAN pada 16 Februari 2016.

Sejumlah pertemuan akan dilakukan Mendag bersama Presiden Jokowi. Mendag Thomas akan mendampingi Presiden RI bertemu Kepala Negara Laos dan Viet Nam pada 15 Februari 2016. Selain itu, Mendag Thomas juga direncanakan mengikuti Pertemuan Caucus Para Menteri Ekonomi ASEAN pada 16 Februari 2016.

Menteri Perdagangan juga akan mengikuti pertemuan AEM-USTR (ASEAN Economic Ministers/United States Trade Representative) Consultations pada 17 Februari 2016 dan dilanjutkan dengan roadshow para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) di San Francisco, AS hingga 18 Februari 2016.

“Roadshow tahun ini untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai pusat ekonomi Asia terdepan dan kunci mitra ekonomi AS,” ujar Thomas. Roadshow ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan para Menteri Ekonomi ASEAN. Sebelumnya, roadshow dilakukan pada 2010 dan 2012.

 

STEVY WIDIA