Apple Akan Bangun Pusat Inovasi Terbesar Di Indonesia

Pusat riset dan pengembangan teknologi (R&D) Apple. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Besarnya pasar Indonesia dan tumbuhnya industri applikasi membuat Apple tertarik membangun tiga pusat inovasi di Indonesia. Pusat inovasi Apple di Indonesia akan menjadi yang salah satu yang terbesar di dunia di luar.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan bahwa Apple, produsen iPhone asal AS, bakal membangun pusat riset dan pengembangan teknologi (R&D) di Indonesia pada 2017. Menurut dia, pusat R&D Apple di Indonesia itu nantinya akan menjadi yang terbesar kedua di dunia di luar markas Apple sendiri di Amerika Serikat. Sebelumnya sudah dibangun pusat riset serupa di Brasil dan India.

“Tahun 2017 (pusat R&D) Apple mulai diimplementasikan. Sekarang yang terlibat ada tiga, (Kementerian) Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian,” kata Rudiantara dilansir Antara Rabu (2/11/2016) di Jakarta.

Rudiantara mengaku sudah bertemu dengan perwakilan Apple untuk kawasan Asia Pasifik dan dari kantor pusat di Silicon Valley, AS. Dalam pertemuan itu, Apple menyatakan sudah mencari lokasi untuk pembangunan pusat R&D di Indonesia.

Pria yang sering disapa Chief RA ini memastikan pusat R&D Apple akan dibangun di beberapa lokasi berbeda, tidak hanya di ibu kota Jakarta. “Pencarian lokasi sudah dilakukan oleh mereka, tinggal implementasi,” kata Rudiantara.

Sebelumnya, diberitakan Apple berencana menanam investasi untuk membangun pusat riset di beberapa tempat di Indonesia. Rencana itu dengan investasi sebesar US$ 48 juta atau sekitar Rp 626,7 miliar selama tiga tahun.

“Mereka sudah dipastikan tidak hanya di Jakarta. Sekarang hanya masalah timing. Kalau ekosistem mendukung di daerah lain (di luar Jakarta dan Jawa) kenapa enggak? Memangnya (di daerah lain) tidak ada talent? Tentu ada. Kita saja yang ignorant,” kata Menkominfo tanpa merinci di mana saja lokasi pembangunan pusat R&D Apple di Indonesia.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY