Aplikasi Online Untuk Bawang Merah

Kini tersedia layanan informasi harga bawang merah berbasis aplikasi online yang diberi nama Sistem Informasi Bawang Merah Brebes (SI BMB). (foto : limakilo)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah menyediakan layanan informasi harga bawang merah berbasis aplikasi online yang diberi nama Sistem Informasi Bawang Merah Brebes (SI BMB). Dengan adanya SI BMB tersebut, publik dapat mengetahui dengan mudah berapa harga bawang merah dan komoditas lainnya saat ini di lapangan maupun di perkotaan.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyampaikan, pemerintah telah menyediakan layanan informasi SI BMB itu. “Sistem aplikasi online yang dikembangkan Kementerian Perdagangan ini diharapkan dapat mendorong majunya perekonomian rakyat di era ekonomi digital. Saya sangat berharap petani dan pedagang bisa memanfaatkan aplikasi online ini,” kata Thomas dalam siaran persnya, belum lama ini.

Aplikasi ini berisi informasi harga di 10 pasar induk utama yang menjual bawang merah. Diantaranya, Pasar Caringin, Bandung; Pasar Induk Cibitung, Bekasi; Pasar Induk Tanah Tinggi, Tangerang Selatan; Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur; Pasar Johar, Semarang; Pasar Lima, Banjarmasin; Pasar Jakabaring, Palembang; Pasar Pembagunan, Pangkal Pinang; Pasar Metro, Bandar Lampung; serta Pasar Besar, Palangkaraya.

Pemantauan harga dilakukan secara harian menggunakand ata real time di 165 pasar rakyat di 34 provinsi dan 48 kabupaten/kota melalui koordinasi dengan Dinas Perdagangan, Pengelola Pasar dan instansi terkait. Sehingga publik dapat mengetahui dengan mudah berapa harga bawang merah dan komoditas lainnya saat ini di lapangan maupun di perkotaan.

Jika nantinya terdeteksi ada gejolak harga, peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menyerap komoditas tersebut.

 

STEVY WIDIA