Aplikasi Karpul, Berbagi Kendaraan Kurangi Macet

Suasana kemacetan di Jakarta. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tidak bisa dipungkiri, Jakarta telah menjadi salah satu kota dengan tingkat kemacetan tertinggi di dunia.
Banyak cara yang telah dilakukan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Termasuk mengurani pemakaian kendaraan bermotor. Untuk itu hadir aplikasi Karpul.

Melalui aplikasi ini tersebut, anggota komunitas dapat saling berbagi kendaraan dengan mudah dan nyaman. Ia mengatakan pemilik kendaraan (driver) dapat mengoptimalkan kursi kosong dengan memberikan tumpangan kepada orang yang memiliki rute destinasi yang sama.

“Dengan begitu, driver mendapat biaya dari penumpang untuk menghemat biaya transport; penumpang memperoleh alternatif transportasi yang nyaman dan berbiaya rendah; dan secara tidak langsung juga mengurangi jumlah kendaraan di jalan,” kata Arief Witjaksono Chief Executive Officer (CEO) Karpul dalam rilis pers, Senin (11/7/2016).

Arief mengatakan pihaknya mendesain aplikasi Karpul agar masyarakat dapat berbagi kendaraan dengan senyaman dan semudah mungkin dan memininalisir risiko keamanan dengan menyiapkan fitur-fitur seperti user profile, opsi female only, rating system, hingga messageboard.

“Setiap pemilik kendaraan maupun penumpang dapat saling melihat halaman profil terlebih dahulu sebelum berbagi kendaraan. Pada setiap akhir trip, baik pihak driver maupun passenger diwajibkan untuk saling memberikan rating. Rating ini yang dijadikan salah satu informasi yang tercantum pada halaman profil tiap user,” lanjutnya.

Berbeda dari aplikasi transportasi online, imbuhnya, Karpul berfokus pada the true meaning of carpooling dengan mempertemukan driver dan penumpang yang searah untuk berbagi perjalanan.

“Aplikasi ini sudah dapat diunduh pada Googleplay store dan dapat dinikmati bahkan untuk perjalanan di luar Kota Jakarta,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY