Aplikasi iJakarta, Perpustakaan Digital Pemda DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iJakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Agar minat baca penduduk DKI Jakarta terus meningkat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada 2015 lalu telah meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iJakarta. Aplikasi ini juga dilengkapi 14 ribu judul buku dalam perangkat digital dan eReader untuk membuat aktivitas membaca jadi lebih menyenangkan.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta bersama perusahaan pengembang aplikasi PT Woolu Aksara Maya (Aksaramaya).

“Di aplikasi iJakarta, penggunana bisa meminjam buku secara gratis untuk dibaca kapan saja dan di mana saja. Saat ini sudah ada lebih dari 14.000 judul buku berbagai jenis dari para penerbit besar, dan akan terus kami tambah,” kata Sulasmo Sudharno, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri Aksaramaya, Jumat (21/10/2016) di Jakarta.

Sulasmo menambahkan, setiap eBook memiliki jumlah yang beragam dan dapat dipinjam selama tiga hari. Pengguna aplikasi ini baru bisa meminjam eBook apabila pengguna yang lebih dahulu meminjam telah selesai masa pinjamnya.

Untuk mendukung Program Gemar Membaca dari Pemprov DKI Jakarta tersebut, Samsung Electronic Indonesia juga membuka ruang membaca Samsung Smart Library di Samsung Experience Store, Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

“Kami tergerak untuk melakukan berbagai cara agar minat baca dan literasi Indonesia dapat meningkat, salah satunya dengan menyediakan area membaca di Samsung Experience Store. Banyak alasan orang tidak mengunjungi perpustakaan. Pusat perbelanjaan kami anggap lokasi yang tepat karena di sini tempat berkumpulnya anak muda dan keluarga,” kataLee Kang Hyun Vice President Samsung Electronics Indonesia

Lee mengungkapkan, lewat Samsung Smart Library masyarakat bisa mengakses buku-buku digital yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta pada aplikasi iJakarta menggunakan produk Samsung Galaxy Tab. Buku-buku digital ini disediakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD).

Selain itu untuk menambah koleksi buku di aplikasi iJakarta, Samsung juga mendonasikan 1.000 eksemplar buku digital yang akan diunggah secara bertahap. Judul buku yang didonasikan melalui iJakarta juga disesuaikan dengan ketertarikan masyarakat, seperti fiksi remaja Critical Eleven karya Ika Natassa, buku anak-anak Dongeng 7 Menit Wayang Sebelum Tidur karya Clara Ng, hingga buku-buku yang mendukung pembelajaran.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY