ADB: Tahun 2016, e-Commerce Indonesia Mencapai Rp 25 Triliun

YOUNGSTERS.id - – Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan naik pada 2016, yaitu di angka sekitar 5,1% hingga 5,3%. Salah satu sektor yang menjanjikan adalah sektor e-commerce yang diprediksi akan mencapai Rp 25 triliun pada 2016. Demikian prediksi yang dikemukakan Bank Pembangunan Asia (ADB).

Menurut Steven Tabor, Country Director ADB untuk Indonesia, prediksi ini didasarkan pada tren peningkatan konsumsi domestik, investasi, serta penurunan inflasi yang stabil.

“Supaya mampu mencapai target-target reformasinya, Indonesia perlu fokus pada pengembangan mesin-mesin pertumbuhan baru seperti e-commerce dan wisata yang memiliki potesi pertumbuhan luar biasa besar,” ujar Tabor dalam acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2016 di Jakarta, Rabu (27/1).

Menurut Tabor, e-commerce merupakan sektor menjanjikan yang masih memiliki potensi pemanfaatan yang sangat besar. Diprediksikan, pasar e-commerce nasional akan mencapai Rp 25 triliun pada 2016, meningkat dari total Rp 18 triliun pada 2015.

Pendapatan yang dihasilkan juga diramalkan akan naik dari angka Rp 132 triliun di tahun 2015 menjadi Rp 172 triliun di 2016. Sementara, di sektor wisata, pertumbuhan diharapkan mencapai 5% di tahun 2016, dan menyerap 11,7% tenaga kerja Indonesia.

“Perlu adanya reformasi untuk melawan dampak negatif penurunan populasi usia produktif di jangka menengah sehingga dapat meningkatkan produktifitas tenaga kerja dan ekosistem usaha. Dan tenaga kerja serta modal dapat dialokasikan secara efektif,” kata Tabor.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY