Aceh Tengah Buka Pusat Promosi Kerajinan

Model memperagakan busana dan produk kerajinan Aceh (Foto: Antara/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Dalam upaya mempromosikan produk-produk kerajinan yang dihasilkan perajin daerah , Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meluncurkan Pusat Promosi Kerajinan Daerah.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan keberadaan pusat promosi tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang selama ini sudah memproduksi kerajinan tangan ataupun usaha kecil menengah untuk lebih mendapat akses dari pembeli.

“Ini merupakan cita-cita sudah lama dan Alhamdulillah baru bisa diwujudkan sekarang,” kata Nasaruddin, dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut dia sebagai daerah wisata keberadaan pusat promosi ada kesulitan untuk mengarahkan tamu yang ingin membeli oleh-oleh atau kerajinan daerah.

“Banyak komoditi yang dimiliki Aceh Tengah jarang ditemukan ditempat lain seperti kopi dan tamu dari luar negeri sekalipun datang ke Takengon untuk membeli, keberadaan pusat promosi yang representatif sangat strategis. Ada pengrajin atau penjualan oleh-oleh yang dikelola masyarakat, namun tempatnya terbatas atau mungkin jalannya sulit, sehingga jadi penghalang bagi tamu yang ingin membeli atau sekedar melihat-lihat,” ungkapnya.

Kehadiaran pusat kerajinan ini diharapkan dapat menjadi etalase bagi hasil kerajinan di Aceh Tengah.
“Ini baru tahap awal, baru sekitar 12 orang atau usaha masyarakat yang bergabung dalam pusat promosi, seperti kemasan kopi, aneka produk Kerawang Gayo dan aneka anyaman,” tambah Kepala Dinas Perdagangan Aceh Tengah, Munzir.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY