71 Pemda Raih Smart City Nusantara Award

Penghargaan Smart City Nusantara diberikan oleh PT Telkom. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Penghargaan Smart City Nusantara merupakan persembahan kepada 71 Pemerintah Daerah yang telah mengimplementasikan Smart City Nusantara dalam mengelola pemerintahannya. Apresiasi ini diberikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah. Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

“Penghargaan Smart City Nusantara merupakan bentuk apresiasi dari Telkom Indonesia atas inisiatif Pemerintah Daerah dalam mengimplementasikan Smart City,” kata Muhammad Awaluddin Direktur Enterprise & Business Services Telkom Kamis (11/8/2016) di Bogor, Jawa Barat.

Penghargaan tersebut kepada ketiga perwakilan pemerintah daerah yakni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bogor dan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Awaluddin menambahkan, Penghargaan Smart City Nusantara ini merupakan upaya Telkom untuk turut serta meningkatkan kinerja Pemda melalui implementasi Smart City Nusantara. Penerapan Smart City Nusantara juga diharapkan dapat membantu percepatan kemajuan daerah serta terciptanya pembangunan provinsi/kota/kabupaten yang berkelanjutan dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan.

Penghargaan Smart City Nusantara akan turut diberikan kepada 68 Pemda lainnya yang telah sukses mengimplementasikan Smart City Nusantara, bertepatan pada Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2016. Penghargaan tersebut nantinya diserahkan melalui perwakilan Telkom di Telkom Regional/Witel seluruh Indonesia sebagai bagian dari Program “Satu Smart City Satukan Indonesia”.

Penghargaan Smart City Nusantara diberikan dalam bentuk penyediaan ICT kepada masyarakat di ares publik Pemerintahan Daerah setempat seperti intnernet akses berbasis Wifi layanan Social Media Analitic, Layanan Pustaka Digital dan layanan Qbaca.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply