5 Startup Unik dan Nyentrik dari Seluruh Dunia

5 Startup Unik dan Nyentrik dari Seluruh Dunia (Foto: ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Di penghujung tahun 2016 ini bisnis startup menjadi buah bibir di masyarakat seluruh dunia termasuk di Indonesia. Banyak pengusaha muda yang mulai melirik bisnis startup dan membanting setir untuk mendirikan startupnya sendiri. Beragam startup telah didirikan untuk memudahkan hidup seseorang, mulai dari startup yang menyediakan produk hingga startup yang menyediakan jasa transportasi. Namun 5 startup ini memiliki ide yang unik dan nyentrik, apa saja ya?

  1. Semangat Bangun Pagi dengan JKMorning

Kabar bahagia bagi para pria jomblo di Jepang! Pasalnya sebuah startup di Jepang menawarkan jasa untuk membangunkan seseorang dengan cara menelfonnya secara langsung. Tidak main-main, para penelfon yang bertugas untuk membangunkan merupakan gadis remaja seusia SMA yang pastinya memiliki paras yang cantik dan suara yang lembut.

Agar mendapatkan dering telefon setiap pagi disertai sapaan hangat dari tim JKMorning, para jomblo yang sering kesiangan tersebut harus terlebih dahulu mendaftar. Tentu saja, akan ada biaya bulanan yang dikenakan jika mereka ingin berlangganan. Dengan JKMorning, kamu bukan hanya bangun pagi tapi juga akan merasa seperti memiliki kekasih yang sangat perhatian.

2. Semakin Cerdas Berkat Manabo

Masih dari Negeri Sakura, terdapat sebuah startup unik yang berlatar belakang dunia pendidikan. Startup bernama Mana.bo merupakan jasa penyedia tutor atau guru pembimbing untuk membantu para siswa yang akan mengikuti Juku, ujian memasuki sekolah menengah atau universitas. Melalui aplikasi ini, para siswa dapat meminta bimbingan kapan saja kepada guru tutornya. Nantinya siswa diminta untuk membayar sejumlah uang sebagai bayaran kepada guru tutor mereka.

Terdapat beberapa tahap sebelum memulai bimbingan. Pertama, siswa harus memilih jenis mata pelajaran yang ingin diajarkan. Kedua, mereka disuruh untuk memilih guru tutor mana yang diinginkan. Setelah itu proses tutor atau bimbingan akan dilakukan melalui pesan teks, video chat, atau papan tulis virtual yang terdapat di aplikasi tersebut. Tidak seperti tutor pada umumnya yang memiliki jadwal tetap, di Manabo para siswa memiliki keleluasaan untuk memilih waktu yang sesuai. Bukan hanya menguntungkan, startup ini juga membuat siswa dan para orangtua bahagia.

3.     Parkir Lebih Mudah dengan ParkCirca

Banyaknya jumlah pengguna mobil dan terbatasnya jumlah lahan parkir di kota-kota besar membuat seseorang harus berputar-putar beberapa kali sebelum mendapatkan parkir yang kosong. Berawal dari masalah ini, muncullah sebuah ide untuk menyediakan lahan parkir ekstra dengan cara memanfaatkan halaman rumah orang lain.

ParkCirca merupakan sebuah platform yang akan menampung para penyedia lahan parkir dan orang-orang yang sedang mencari parkir. Melalui website, sang penyewa lahan dapat mendaftarkan halaman rumahnya dan memasang tarif yang akan dikenakan. Para pencari parkir pula dapat memilih lokasi yang diinginkan melalui aplikasi ParkCirca. Ide startup yang dinilai brilian ini tentu saja langsung mendapat respon yang positif. Namun sayangnya, saat ini layanan ParkCirca masih berpusat di San Fransisco dan belum menjangkau Indonesia.

4. Titip Barang Barang Melalui Bistip

Terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang sering dititipi barang oleh teman-temannya di Indonesia, akhirnya Willy Ekasalmi membuat startup yang bernama Bistip. Dana segar yang diperoleh dari perusahaan ekuitas swasta menjadi modal awal Willy untuk membesarkan nama Bistip. Secara ringkasnya, Bistip merupakan startup yang menyediakan layanan penitipan barang dari dalam dan luar negeri. Semua barang yang tidak bisa Anda dapatkan di Indonesia, dapat Anda titipkan secara online asalkan barang tersebut legal.

Bistip menyediakan wadah untuk para pelancong yang sedang berlibur dan bersedia dititipi untuk membli barang. Sang pelancong akan menyampaikan pesan pada Bistip bahwa ia bersedia dititipi barang. Selanjutnya orang yang sedang mencari barang dapat mencari barang yang diinginkan via Bistip. Saat nilai transaksi sudah disepakati oleh kedua belah pihak meraka pun dapat bertemu dan menyelesaikan transaksi secara langsung. Terdapat penilaian yang bisa diberikan, semakin bagus nilainya semakin terpecaya juga dirinya.

5. Pesan Tempat di Surga Melalui Reserveaspotinheaven

Tidak kalah unik dan nyentrik dari startup lainnya, startup ini menawarkan jasa untuk mengamankan tempat Anda di surga. Menjadi perbincangan hangat yang dipenuhi pro-kontra, startup yang bernama Reserveaspotinheaven.com mengklaim dapat memesankan tempat untuk Anda di surga. Untuk membuat yakin para konsumennya, startup ini menawarkan jaminan uang kembali 100% jika sebagai konsumen Anda gagal memasuki surga.

Reserveaspotinheaven.com menjual produk bernama “Essential Travel Kit “, yang berisi sertifikat resmi pemesanan tempat di surga atas nama Anda, boarding pass menuju surga hingga instruksi agar Anda tidak terkejut saat berada di surga nanti. Jelas saja kemunculan startup ini menuai beragam reaksi, banyak orang yang merasa marah karena hal ini dinilai mempermainkan Tuhan. Tetapi banyak juga yang tertarik dan akhirnya memesan sebuah tempat di surga.

Itulah 5 startup dengan ide unik dan nyentrik, kalau kamu dikasih modal yang besar untuk mendirikan startup kira-kira startup jenis apa yang ingin kamu dirikan?

 

SANTIKA JULIAWATI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY