11 Siswa Pemenang Lomba Kreatif dan Inovatif, Kuliah Gratis di Universitas Pertamina

11 Siswa Pemenang Lomba Kreatif dan Inovatif, Kuliah Gratis di Universitas Pertamina (Foto: Universitas Pertamina/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sebanyak 11 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat lulusan tahun 2016 berhasil memenangi Lomba Karya Kreatif dan Inovatif yang diadakan oleh Universitas Pertamina. Mereka pun bisa kuliah gratis di Universitas Pertamina.

Ke-11 siswa tersebut menyisihkan lebih dari 150 peserta lomba yang berasal da­ri berbagai kota di Tanah Air, dari  Nang­groe Aceh Darussalam hingga Papua Barat. “Kami menetapkan masing-masing lima pemenang lomba untuk kategori Lomba Karya Tulis, tiga pemenang Desain Grafis serta tiga orang pemenang untuk lomba Aplikasi Digital,” ujar Eman  Sulaeman, Ketua Dewan Juri Lom­ba Karya Kreatif dan Inovatif Universitas Pertamina, dalam siaran pers-nya.

“Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa kuliah gratis di Universitas Pertamina sampai selesai. Para pemenang lomba juga berhak mendapatkan uang saku bulanan yang besarnya ditentukan oleh Universitas Pertamina,” tambahnya.

Disebutkan Eman, antusiasme pe­serta mengikuti lomba cukup tinggi. Terbukti, lebih dari 150 orang mengikuti lomba tersebut. Oleh karena itu, dia berharap, Pertamina dan Universitas Pertamina mengadakan acara yang sama pada tahun-tahun mendatang. “Termasuk memberi keleluasan bagi anak-anak bangsa yang sudah lulus ta­hun sebelumnya, namun be­lum sempat mengenyam pen­didikan di perguruan tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, anggota De­wan Juri dari Universitas Pertamina, Ari Rahman, menjelaskan dalam peniliaian terkait hasil karya yang dilihat tidak hanya aspek orisinalitas, ide, inovasi dan kreativitas tetapi kemampuan presentasi penyajian karya beserta poin sesi tanya jawab terhadap hasil karya juga. “Sementara aspek-aspek akademis tidak hanya melihat dari nilai rapor saja, melainkan dari tren (slope) peningkatan nilai tiap semesternya,” ujar Ari.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA