Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Dari Makassar

YOUNGSTERS.id - Inovasi terus dilakukan anak bangsa dari penjuru negeri. Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan berhasil menciptakan prototype mobil berbahan bakar hidrogen. Kelompok ilmuwan bernama Petroline Teknik Kimia UMI ini terdiri dari lima mahasiswa Teknik Kimia UMI yakni Irfan, Muh. Asrul idris, Andi Rina Ayu Astuti, Fasdilah ali dan Ifa trinoviani. Mereka berhasil merancang mobil konsep berukuran mini. Mobil berbahan acrilyc dan reaktor berbahan stainless steel ini memanfaatkan tekanan yang dihasilkan reaksi kimia perpaduan oksigen dan air sebagai bahan bakar.

Menurut Irfan, prototipe mobil temuan mereka ini ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan bakar fosil dan tidak menimbulkan polusi, dengan memanfaatkan daya dorong gas yang dihasilkan dari reaksi bahan kimia hasil racikan timnya yang masih mereka rahasiakan.

“Proyek mobil ini kami akan ikutkan di kompetisi Chem-E-Car yang akan diadakan Maret mendatang di kompetisi chemical berstandar Internasional di kampus Institut Teknologi Surabaya, sementara ini kami belum bisa rincikan bahan kimia yang digunakan,” ujar Irfan dilansir detikoto baru-baru ini.

Proses penemuan prototipe mobil bertenaga reaksi kimia ini bersumber dari riset tugas perancangan dari perkuliahan. “Proyek Chemi-Car ini bagian dari mencoba mencari sumber energi alternatif, selain dari bahan bakar fosil yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui, dengan menggunakan reaksi kimia yang menghasilkan gas bertekanan,” ujar Syamsuddin Yami, Dosen sekaligus Supervisor tim Petroline.

Untuk sementara hasil temuan akademis mahasiswanya masih berstatus konsep prototipe mobil ramah lingkungan yang belum dapat dikomersilkan.
STEVY WIDIA