Kompetisi Robotik Tingkat SMA

YOUNGSTERS.id - Siswa SMA Negeri Unggulan (SMANU) Mohammad Husni Thamrin menggelar kompetisi Robotik. Kompetisi Thamrin Olympiad & Cup VI diadakan pada 20-26 Februari 2016 dan pengumuman pemenangnya secara resmi akan diadakan pada 12 Maret mendatang. Kegiatan ini mendapat dukungan dari perusahaan teknologi Samsung.

Thamrin Olympiad & Cup VI yang diadakan tahun ini mengusung tema Lingkungan yang Lebih Baik. Dukungan Samsung di acara ini tidak lepas dari upaya perusahaan tersebut untuk mendorong anak muda menghasilkan karya bermanfaat. Selain itu, Samsung Indonesia percaya anak-anak Indonesia memiliki kemampuan menghasilkan inovasi lebih baik.

“Semua inovasi berasal dari mimpi, termasuk ide, adalah hal yang penting. Kami bangga dan sangat antusias dengan inisiatif para siswa SMANU Thamrin membuat lomba inovasi robotik. Kami sebut inovasi karena karya-karya teknologi itu pasti berguna bagi manusia,” kata Jo Semidang Corporate Marketing Director PT Samsung Electronics Indonesia dilansir Liputan6.com Kamis (10/3/2016).

Bentuk dukungan yang diberikan Samsung berupa penyediaan perangkat. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab yang dapat dipakai oleh peserta untuk mendukung kompetisi ini. Selain itu Samsung juga memberikan bantuan dana dan hadiah bagi para pemenang, berupa kacamata pintar Gear VR dan smartphone Galaxy S6. “Kami ingin menyemangati generasi muda agar terus membuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat,” Jo menuturkan

Rakha Kahansa Putra, ketua panitia kompetisi ini, menuturkan ada 20 peserta dari SD sampai SMA dari seluruh Indonesia. Menurut dia pemenang kompetisi robotik ini dinilai dari beberapa faktor. Faktor utamanya adalah orisinalitas robot, keterampilan, dan presentasi di depan para dewan juri, yaitu Bunyamin, Brian Adi Kusuma, serta Agus Suparlan.

Kompetisi Thamrin Olympiad & Cup VI telah menemukan tiga pemenang. Pemenang pertama berasal SMA 2 Daar El Qolam, Tangerang. Sekolah tersebut menghasilkan karya robot Collecting Goat Feces.

Sementara juara kedua adalah SMAK Penabur Cibubur, dengan robot bernama Trash Vending Machine. Pemenang ketiga adalah KIR dari MA Al-Falah yang membuat robot bernama Automatic Gardener.

Samsung sangat antusias mendukung acara tersebut. Bahkan, Jo menuturkan, tidak tertutup kemungkinan Samsung akan hadir dengan tantangan tertentu untuk acara serupa ke depannya.

“Melihat ide yang ada, ke depannya kerja sama bisa dilanjutkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan Samsung akan memberikan tantangan,” ujar Jo. Untuk itu, ia mengajak para pemenang Thamrin Olympiad & Cup VI agar usahanya tidak berhenti di kompetisi ini.

 

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY