Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama para pemenang Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016. (Foto: Kemenag/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2016 baru saja digelar oleh Direktorat Pendidikan Madrasah. Animo peserta sangat besar. MI Madrasah Pembangunan UIN Jakarta, Juara I

Acara itu diikuti oleh 90 peserta yang lolos seleksi dari ratusan siswa yang mendaftar, peserta dibagi menjadi 45 tim, satu tim berjumlah dua orang dari setiap jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Penutupan kompetisi ini dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Kita boleh saja bermimpi, namun setidaknya impian itu merupakan penyemangat dalam menjalani kehidupan kita dalam mengembangkan potensi yang kita miliki. Awal inovasi dan kreatifitas seseorang di awali dengan mimpi,” kata Lukman Hakim pada penutupan acara Senin (31/10/2016) di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

Sebagai Juara I untuk Kategori Design Robotik Tingkat MI diraih oleh MI Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Sedang Juara I untuk Kategori Robot Strategi Tingkat MTs
Diraih oleh MTsN Kediri II. Kemudian Juara I untuk Kategori Mobile Robot Challenge Tingkat MA diraih oleh MAN Insan Cendikia Gorontalo.

Para pemenang juara 1, 2, dan 3 dari setiap tingkatan dihadiahi uang jutaan rupiah. Selain itu, untuk juara 1 tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberi hadiah satu set robot, sementara untuk juara 1 tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) diberi hadiah wisata ke Jerman.

Kepada para peserta, Menag berpesan bahwa robot yang bertindak seperti manusia bukanlah ancaman, tetapi jika manusia bertindak seperti robot, itu baru ancaman.

“Dengan kita sering bermimpi, akan semakin terasah potensi kita. Karena semua penemuan di dunia ini merupakan karya cita tangan manusia yang bermula dari impian, tidak datang begitu saja,” tambahnya.

Animo madrasah yang tinggi untuk ikut dalam kompetisi ini, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan berkomitmen menambah anggaran penyelenggaraan kegiatan ini di masa mendatang. “Kami akan memperjuangkan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara maksimal di tahun depan. Bisa mengakomodir seluruh madrasah yang memiliki minat di bidang robotik,” ujarnya.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY