Alat Pengendali Listrik Berbasis Android

Mahasiswa Untag Surabaya buat pengendali listrik berbasis android. (Foto: Antara/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Mohammad Rivqi Amin, berhasil menciptakan perangkat pengendali listrik berbasis android yang dapat digunakan untuk mencegah kebakaran akibat adanya hubungan arus pendek listrik.

“Dengan di-install di smartphone yang berbasis android sangat membantu manusia dalam beraktivitas seperti bertransaksi online, layaknya internet banking dan mapping area,” kata Rivqi yang dilansir laman Untag baru-baru ini.

Mahasiswa kelahiran Situbondo ini mengatakan pembuatan alat yang simpel namun canggih ini hanya membutuhkan dua aspek penting yakni perangkat lunak dan peranti sederhana.

“Ketika aplikasi sudah dijalankan terdapat perintah untuk memasukkan alamat lP dan Port yang sebelumnya sudah diatur pada minimum sistem arduino dan ethernet shield. Setelah menuliskan lP dan Port yang sesuai, maka sistem sudah dapat dijalankan sesuai fungsinya,” ucap Rivqi.

Rivqi juga menyampaikan bahwa pengguna perangkat ini juga dapat melakukan kontroI perangkat listrik langsung dari ponsel pintar berbasis android yang tersambung secara nirkabel.

“Selain itu, pengguna juga dapat melakukan kontrol penjadwalan untuk salah satu perangkat listrik yang diinginkan dengan mengatur kapan perangkat listrik itu menyala atau mati dengan sendirinya. Jadi, dari hal itu hubungan arus pendek yang suatu saat bisa terjadi bisa dicegah,” ujar Rivqi.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY