Wujudkan Crowdfunding School Kembali Hadir Untuk Filmmaker

Wujudkan Crowdfunding School Kembali Hadir Untuk Filmmaker (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menggandeng PT XL Axiata Tbk (XL), Wujudkan.com kembali menggelar “Wujudkan Crowdfunding School” (WCS) pada bulan November 2016 ini di tiga kota: Jakarta, Yogya, dan Malang. Melalui WCS ini para filmmaker dapat mewujudkan ide-ide filmnya.

“Setiap bulan selalu ada proposal dari kategori film/video yang kami terima. Ini menunjukkan minat dan kebutuhan filmmaker pada crowdfunding sebagai alternatif pendanaan untuk memproduksi ide-ide kreatif mereka. Itulah sebabnya, kami mempersembahkan Crowdfunding School kali ini khusus bagi para filmmaker,” ujar Mandy Marahimin, CEO Wujudkan.com yang sekaligus berprofesi sebagai produser film.

Menurut Mandy, sejak mulai beroperasi pada tahun 2012 hingga Oktober 2016, ada 48 kreasi telah sukses menggalang dana melalui Wujudkan.com. Dan, 19 kreasi (40%) di antaranya adalah dari kategori film/video.

“Melihat data ini, Wujudkan.com ingin membuka peluang yang lebih besar lagi bagi para filmmaker untuk mewujudkan ide-ide filmnya,” katanya.

Untuk itu, pada penghujung 2014 lalu, Wujudkan.com meluncurkan situs web baru. Momen tersebut sekaligus menandai diawalinya kolaborasi Wujudkan.com dengan XL. Kolaborasi inilah yang memungkinkan Crowdfunding School kali ini diadakan dengan skala yang lebih luas karena akan diadakan di 3 kota, yaitu Jakarta (15 November), Yogya (17 November), dan Malang (19 November).

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami ingin terus berkontribusi dalam mengantar masyarakat memasuki era digital melalui berbagai program. Crowdfunding School merupakan program yang sangat bagus yang bisa menjadi solusi untuk mendukung pengembangan kreasi anak-anak muda negeri ini. Program ini sekaligus sejalan dengan keinginan XL untuk ikut mendorong berkembanganya industri kreatif yang bersumber dari lahirnya karya-karya anak-anak muda Indonesia,” jelas Frinzy Zulkarnain, VP – Brand Management XL.

WCS adalah workshop tentang kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan cara crowdfunding. Istilah crowdfunding mengacu pada sebuah konsep pendanaan kolaboratif. Melalui WCS, tim Wujudkan.com berbagi tips, pengalaman berkampanye, baik secara online maupun offline, dan faktor-faktor yang menentukan kesuksesan sebuah Kreasi dalam menggalang dana.

Diklaim Mandy, WCS sudah dilakukan beberapa kali oleh tim Wujudkan.com dan selalu mendapatkan tanggapan positif dari para kreator. “WCS kembali diadakan dengan harapan semakin banyak Kreator yang sukses menggalang dana dengan cara crowdfunding,” kata Mandy.

Di masing-masing kota, acara akan dibuka dengan pemutaran film yang telah sukses menggalang dana dengan cara crowdfunding melalui Wujudkan.com. Lalu, dilanjutkan dengan workshop tentang Pendanaan Film dan tips sukses menggalang dana bersama para kreator. Di setiap kota, acara akan dilanjutkan dengan Pitching Session, di mana tersedia dana jutaan rupiah untuk dimenangkan oleh filmmaker yang dapat mempresentasikan ide film yang terbaik.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY