Workshop ke-2 GN 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menggelar workshop kedua pada 17-18 September 2016 di Telkomsel Smart Office, Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menggelar workshop kedua untuk kota Jakarta. Ditahap ini, para peserta diharapkan dapat memetakan permasalahan yang muncul serta solusi berdasarkan inspirasi yang telah mereka dapat dari fase Ignition.

Pada fase ini, terjaring 100 peserta yang dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing diikuti 50 perserta. “Mereka akan memecahkan masalah yang sudah disiapkan oleh tim Lab Kinetic melalui bank of problems yang diberikan pada para peserta sebelum Workshop dimulai. Setelah peserta memilih masalah yang akan dipecahkan kemudian dibagi dalam sebuah tim sesuai dengan permasalahan yang ingin, dan kemudian mereka mencari solusinya,” jelas Borry Hasian, Google Expert in UX/UI selaku trainer Design Thinking Workshop Kedua Jakarta pada Sabtu (17/9/2016) di saat ditemui di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Para peserta pada hari pertama workshop, mendapatkan materi Design Thinking. Mereka akan mengidentifikasi dan memetakan masalah yang ingin mereka pecahkam. Sampai nantinya mereka menemukan alternatif solusi atas masalah tersebut. Pada hari kedua workshop, peserta akan mendapatkan materi Market Validation dan Business Model.

“Inovasi terjadi ketika Anda memasukkan tiga hal ini menjadi pertimbangan yakni keinginan pengguna, technology feasibility dan viabilitas bisnis. Sehingga melalui Design Thinking ini mereka akan dapat mengindentifikasi dan memetakan masalag yang ingin mereka pecahkan sampai nantinya mereka menemukan alternatif solusi atas masalah tersebut, ” kata Boris lagi.

Sementara itu, Aulia Jasmine Oktofani Partnership Telkomsel Jakarta antusias peserta yang terlibat di acara workshop begitu terlihat dengan berbagai macam ide-ide cerdas yang coba mereka tuangkan di gelaran workshop kali ini. Dan ini membuktikan bahwa potensi Indonesia terutama dibidang industri digital memang tidak dapat dipandang sebelah mata.

“Kondisi ini merupakan modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan bisnis aplikasi teknologi digital khususnya di Tanah Air. Contohnya aplikasi ojek online. Dengan adanya aplikasi tersebut banyak saudara-saudara kita akhirnya memiliki lapangan pekerjaan kembali. Jadi dengan adanya Workshop Jakarta Gerakan Nasional 1000 Starup Digital ini nantinya bisa membantu Indonesia meningkatkan kemampuan dalam memberikan pembekalan keahlian kepada para calon Starup Founder nantinya, ” kata Aulia.

Gerakan Nasional 1000 Starup Digital telah menggelar workshop pertama di kantor Bukalapak pada 13-14 Agustus 2016 dan di Coworking Space pada 20-21 Agistus 2016. Mereka yang terlibat adalah Borry Hasian, Google Expert UX/UI sebagai Trainer Design Thinking, Jaka Wiradisuria, Head Of New Product Ruma, trainer untuk Market Validation dan Dickie Widjaja, CIO, Investree, traimer untuk materi Business Model.

Menurut Octa Ramayana Academic & Research Partner Kibar, sSetelah Workshop nantinya peserta yang terpilih akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi. Setelah itu, peserta akan memasuki tahapbootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk.

Nantinya 200 peserta terpilih dari 10 kota akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan, sehingga dalam waktu lima tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

FAHRUL ANWAR
Editor : Stevy Widia