TemanJalan Raih Penghargaan LINE BOT Awards di Jepang

Program Ngampusbareng dari TemanJalan.com meraih LINE BOT Awards. (Foto: Line Indonesia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Startup Indonesia TemanJalan, merupakan penyedia layanan menumpang khusus mahasiswa lewat program NgampusBareng. Solusi inovatif ini berhasil memenangkan perhargaan di kategori lokalisasi pada LINE BOT AWARDS.

Sebagai bagian dari strategi Smart Portal, LINE Corporation secara publik membuka Messaging API-nya pada September lalu. Sejak itu, para developer eksternal dapat mengembangkan chatbot untuk LINE dengan menggelar LINE Bot Awards yang diadakan sejak 9 Desember 2016 dan ditutup pada 28 February 2017.
Kompetisi ini adalah untuk mengembangkan chatbot dengan menggunakan Messaging API dari LINE.

Chatbot NgampusBareng dan 10 inovator lainnya mendapatkan penghargaan di acara pemberian penghargaan pada tanggal 18 Maret lalu di Tokyo Jepang. TemanJalan meraih hadiah 500 ribu Yen.

“Program NgampusBareng diakui telah merancang layanan yang dapat mengatasi salah satu masalah utama di Jakarta dengan menghubungkan para mahasiswa dengan pengemudi motor melalui LINE.,” demikian keterangan resmi LINE Indonesia .

NgampusBareng adalah layanan untuk para mahasiswa untuk mencari tumpangan sepeda motor di Indonesia, negara yang terkenal dengan kemacetannya. Chatbot ini memungkinkan mahasiswa untuk mencari kendaraan yang terhubung dengan pengemudi yang tersedia melalui LINE. Saat ini layanan ini tersedia di lebih dari 50 kampus dan telah digunakan lebih dari 3000 kali di setiap kampus.

Untuk LINE Bot Awards, masyarakat baik perseorangan ataupun pelaku bisnis diundang untuk berkompetisi dengan hadiah uang tunai hingga 10 juta yen (atau lebih dari Rp 1 miliar). Selama tiga bulan periode pendaftaran, terdapat 815 pendaftar – dengan 25 persen pendaftar berasal dari luar Jepang termasuk Indonesia. Para peserta kemudian berkompetisi di 11 kategori.

Melalui misi perusahaan untuk ‘Mendekatkan Jarak”, LINE Corporation secara aktif terlibat dalam berbagai inisiatif untuk membantu developer eksternal dan para mitra untuk mengembangkan dan mengoperasikan layanan di platform LINE, sekaligus berusahan untuk mendekatkan pengguna dengan berbagai informasi, layanan dan produk.

STEVY WIDIA