Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

(ki-ka): Ayu Fadjar VP Marketing Blibli.com, Aulia Marinto CEO Blanja.com, Henky Prihatna Head of E-Commerce Google Indonesia, Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications at Google Indonesia. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Ramadan menjadi bulan penting bagi pelaku e-commerce. Untuk itu e-commerce Blanja.com dan Blibli.com siap menerapkan strategi promosi khusus di waktu ini.

Hasil riset Google Indonesia menunjukkan selama Ramadan, masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Data Google mencatat trafik penelusuran secara online meningkat 28% ketika Ramadan, 83% dari penelusuran tersebit dilakukan lewat perangkat mobile. Hal ini juga berkorelasi dengan data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang mencatat peningkatan 30% pada angka pengeluaran selama bulan puasa.

Hal itu dibenarkan oleh Aulia Marinto, CEO Blanja.com. Ia bahkan mengatakan momen Ramadan dan Lebaran sudah terbukti meningkatkan trafik e-commerce.

“Kami melihat Ramadan menjadi satu momen dimana spending banyak, selain akhir tahun. Buat kami ini menjadi momen maksimal yang harus dimanfaatkan dengan inovasi promosi, baik dengan mitra maupun grup,” ucap Aulia dalam acara e-Commerce Insight 2017, Selasa (23/5/2017) di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.

Aulia menjelaskan Blanja.com yang merupakan marketplace perusahaan usaha patungan (joint venture) antara PT Telkom Indonesia Tbk. dengan eBay, memiliki strategi khusus untuk menyambut Ramadan dan Idulfitri, diantaranya perubahan tampilan, publikasi yang lebih gencar, memaksimalkan aset grup dan mengangkat eBay untuk produk internasional.

“Kami sangat agresif di Jawa dan luar Jawa dan ingin mendapat user dan insight baru. Bukan hanya mengejar angka sales tapi insight untuk improve ke depan, itu sangat penting. Pada saat akhir tahun, dapat dilihat mana yang harus diperbaiki dan digenjot, ini menjadi insight yang bagus,” katanya.

Ia mengungkapkan sebelum memasuki momen Ramadan, trafik Blanja.com pada Mei 2017 jika dibandingkan Mei 2016 naik 500% hingga 600%. “Kami cukup senang dengan kenaikan ini dan kami berharap kenaikan itu akan lebih lagi di moment Ramadan,” ungkapnya.

Hal tersebut juga dialami Blibli.com. VP Marketing Blibli.com Ayu Fadjar mengatakan pengalaman dari Ramadan 2016 telah terjadi peningkatan trafik tiga kali dari Ramadan 2015 dan dua kali dibandingkan dari hari biasa. Menurutnya, Ramadan menjadi satu kesempatan e-commerce untuk memanfaatkan momen untuk mendapatkan pelanggan.

“Masa ini bisa dibilang puncaknya orang berbelanja. Untuk itu kami kami merancang marketing activity dan penawaran yang menarik sebelum momen Ramadan, untuk memberi kesempatan mulai mencari yang terbaik untuk Ramadan dan Lebaran,” kata Ayu.

Dia mengungkapkan, berkaca dari Ramadan sebelumnya, Blibli.com juga terus mendorong produk-produk yang masuk dalam kategori utama karena banyak dicari dan menjadi incaran pelanggan yakni gadget, fesyen, kuliner dan produk kecantikan perempuan.

Selain itu, Ayu mengatakan ketika Ramadan juga ada ketertarikan untuk kategori kendaraan bermotor. Blibli.com menawarkan cicilan 0% untuk pembelian mobil dan motor.

“Kami melakukan berbagai penawaran yang kompetitif dan melihat trennya biasanya pelanggan melakukan pencarian melalui mobile web kemudian transaksi di desktop. Perbandingannya mobile 70% dan desktop 30%,” ujarnya.

Aktivitas promosi sudah dilakukan sejak 10 Mei 2017. “Kalau tahun lalu peningkatan trafik sampai tiga kali, Ramadan tahun ini targetnya lima kali dari Ramadan 2016,” ujar Ayu lagi.

Berdasarkan perilaku riset Google tentang aktivitas pengguna Youtube dan Google selama Ramadan 2016, masyarakat Indonesia akan memanfaatkan Internet untuk mendapatkan inspirasi, berbelanja produk terbaru, mencari kartu kredit untuk membayar berbagai hal, mencari promo dan diskon, dan merencanakan perjalanan sejak awal.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY