Siswa Indonesia Raih Juara Kompetisi Roket Air Asia-Pasifik

Bayu Dwi Tjahyono dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kebumen, Jawa Tengah yang meraih juara kedua kompetisi roket air sewilayah Asia-Pasifik. (Foto: Lapan/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bayu Dwi Tjahyono dan Alfian Pebriansyah berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi roket air sewilayah Asia-Pasifik pada 14 November 2016 di Los Banos Provinsi Laguna, Filipina. Kedua siswa itu sebelumnya menjuarai kompetisi roket air regional dan nasional yang diselenggarakan Pusat Peragaan Iptek (PP Iptek).

Kepala Sub-Divisi Publikasi dan Pelayanan Informasi Publik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Mega Mardita di Jakarta, Selasa (15/11/2016) mengemukakan, kompetisi roket air merupakan bagian dari “Asia-Pacific Regional Space Agency Forum” (APRSAF) atau “Forum Lembaga Antariksa se-Asia-Pasifik” yang ke-23. Tahun ini kompetisi diikuti 13 negara dengan 54 peserta.

“Tahun ini juara pertama diraih oleh peserta dari Malaysia, sedangkan juara favorit diraih oleh peserta dari Vietnam,” kata Kepala Sub-Divisi Publikasi dan Pelayanan Informasi Publik Lapan.

Sementara Bayu Dwi Tjahyono dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kebumen, Jawa Tengah yang meraih juara kedua. Dan Alfian Pebriansyah dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pontianak Kalimantan Barat yang meraih juara ketiga.

Mega menambahkan, Lapan berharap keberhasilan kedua siswa Indonesia itu akan meningkatkan semangat anak-anak Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa.