Siswa Indonesia Raih Emas Olimpiade Kimia Internasional

Dean Fanggohans disambut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, di SMAN 8 Pekanbaru. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Dean Fanggohans, mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas pada International Chemistry Olympiad, olimpiade kimia internasional ke-49 yang berlangsung di Thailand 6-15 Juli 2017.

“Target saya ke depan adalah membawa tradisi emas untuk Indonesia,” kata Dean yang dilansir Antara, Senin (17/7/2017). Sebelumnya Indonesia sudah lama tidka meraih medali emas di ajang tersebut. Pada IChO ke-48 di Georgia, tim Indonesia hanya puas meraih dua medali perak dan dua perunggu.

Kali ini ajang IChO diikuti oleh pelajar dari 80 negara di dunia. Setiap negara mengirimkan maksimal empat orang siswa terbaik di bidang kimia, yang sebelumnya telah melalui proses seleksi dan pembinaan dari Departemen Kimia FMIPA UI dan Departeman FMIPA-ITB. Sebagian materi yang dipertandingkan di IChO tidak pernah dipelajari oleh siswa tingkat SMA di Indonesia.

“Persiapan saya sebenarnya cukup panjang, mulai dari kelas 10 terus belajar sendiri maupun belajar dikelas, sampai persiapan khususnya selama 10 minggu mengikuti karantina,” kata Dean. Menurut dia, keberhasilannya juga berkat bimbingan guru dan pembimbingnya.

Secara keseluruhan, tim Indonesia pada IChO ke-49 di Thailand berhasil meraih satu medali emas dan tiga perak. Peraih medali perak adalah Fahmi Naufal Rizki (SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan), M. Ridho Setiyawan (SMAN 1 Jawa Tengah), dan Mario Lorenzo (SMAK BPK Penabung Gading Serpong).

STEVY WIDIA