Rio Dewanto, Ajak Anak Muda Mulai Bisnis Rintisan

Rio Dewanto Chief Marketing Officer Kopikini.com. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali melaksanakan Ignition keempat di Jakarta. Kegiatan ini semakin beragam dengan hadirnya aktor sekaligus Chief Marketing Officer Kopikini.com, Rio Dewanto.

“Menurut saya, anak muda Indonesia punya potensi dan ide yang sangat besar untuk dapat membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Melalui startup, mereka akan tahu gimana struggle-nya, gimana menjalani usahanya, dan tentu dengan adanya startup yang tercipta akan ada lapangan pekerjaan, dan semakin banyak potensi yang dapat membawa Indonesia lebih maju lagi,” kata suami artis Atiqah Hasiholan ini di Building the Startup Mindset yang berlangsung Sabtu siang (27/52017) di gedung Kominfo Jakarta.

Hal itu berangkat dari pengalamannya membangun Kopikini.com, sebuah platform khusus untuk para pecinta dan penikmat kopi yang menyediakan informasi, kabar, dan kisah terkini dari dunia kopi dengan tujuan untuk menginklusifkan kopi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Modal utama dalam memulai sebuah bisnis adalah niat dan usaha. Ketika sudah ada niat, harus langsung mulai brainstorm, brainstorm, dan brainstorm. Jangan hanya mencari insight dari orang-orang yang ahli di bidang bisnis Anda. Saat proses pembuatan Kopikini.com saya dan rekan-rekan juga tidak hanya ngobrol sama orang yang ahli kopi saja,” ungkapnya.

Selain bercerita, Rio mengajak lebih banyak anak muda Indonesia lainnya untuk memulai sendiri bisnis rintisannya. Namun dia menegaskan, usaha dalam membangun sebuah bisnis membutuhkan proses dan tidak dapat langsung berhasil dalam sekejap. “Niat dan usaha tidak akan mengkhianati hasil,” ujarnya.

Selain Rio Dewanto, kegiatan Ignition kedua Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta menghadirkan Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Lis Sujiati, Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto, AVP Digital and Transaction Bank Bukopin, Muhamad Irfan, Google Launchpad Accelerator Startup Success Manager, Alyssa Maharani, dan CEO Ruangguru, Adamas Belva, serta sederet nama lainnya.

Setelah Jakarta, kota tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital lainnya yang akan kembali menggelar Ignition 2 untuk gelombang keduanya adalah Yogyakarta dan Surabaya.

FAHRUL ANWAR