Platform Digital Ini Ajarkan Milenial Berinvestasi

PT Aberdeen Asset Management (Aberdeen) dan Philip Sekuritas Indonesia (PSI) meluncurkan 10 Golden Rules. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Ramadan mendapat bonus Tunjangan Hari Raya (THR), membuat kebanyakan orang, khususnya anak muda menjadi konsumtif. Padahal jika diinvestasikan, bonus ini bisa jadi modal perencanaan keuangan masa depan.

Untuk itu, PT Aberdeen Asset Management (Aberdeen) bekerja sama dengan Philip Sekuritas Indonesia (PSI) mengumumkan peluncuran microsite 10 Golden Rules. Ini adalah platform digital untuk belajar mengenai investasi reksa dana yang ditujukan untuk kaum milenial.

“Persepsi bahwa produk investasi itu mahal dan memiliki risiko tinggi menjadi salah satu penyebab orang masih enggan berinvestasi. Persepsi-persepsi salah mengenai investasi ini yang harus kita ubah. Investasi, apalagi lewat reksa dana, bukan sesuatu yang rumit atau menakutkan jika dipahami dengan baik dan benar. Ini yang menjadi alasan kami meluncurkan kampanye edukasi lewat microsite “10 Golden Rules” ini,” jelas Sigit P. Wiryadi, Presiden Direktur PT Aberdeen Asset Management dalam siaran pers, Senin (19/6/2017).

Euromonitor International mempredikasi bahwa kelas ekonomi menengah ke atas di Indonesia akan tumbuh dari 17,3 juta keluarga di tahun 2014 menjadi lebih dari 20 juta keluarga di tahun 2030. Dimana, golongan usia muda produktif lah yang mendominasi. “Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi sedini mungkin tentang pentingnya berinvestasi kepada generasi muda, yang dalam 10 atau 20 tahun kedepan akan mendominasi ekonomi dan segmentasi konsumen Indonesia,” ucap Sigit.

Investasi dalam bentuk produk reksa dana di kalangan milenial Indonesia masih terbilang masih rendah. Mayoritas anak muda masih belum berpikir untuk memiliki produk investasi, atau cenderung memilih menabung secara konvensional. Namun begitu, tren memperlihatkan pertumbuhan kesadaran berinvestasi yang mulai meningkat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Semakin mudahnya pertukaran akses informasi berkontribusi besar pada meningkatnya kesadaran generasi milenial terkait pengetahuan dasar seputar instrumen investasi. Apalagi didukung dengan berbagai program literasi keuangan bagi pemerintah dan pelaku industri yang telah digalakkan. Di Phillip Sekuritas Indonesia sendiri, kami semakin gencar melakukan penetrasi di kalangan milenial. Secara segmentasi, pasar ini sangat potensial untuk dikembangkan. Ini yang kemudian juga membuat kami menyambut baik ajakan Aberdeen Asset Management untuk bekerja sama dalam kampanye edukasi ini,” jelas Daniel Tedja, Direktur Utama Phillip Sekuritas Indonesia.

“Kampanye ini juga merupakan bagian dari komitmen Aberdeen untuk mendukung pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan edukasi keuangan serta memberikan perspektif yang transparan kepada publik mengingat pemahaman akan pengetahuan dan informasi merupakan salah satu kunci kesuksesan investasi,” tambah Sigit.

Microsite 10 Golden Rules ini berisi 10 prinsip dasar dalam proses investasi Aberdeen. Bharat Joshi, Manager Investasi PT Aberdeen Asset Management menjelaskan, platform ini telah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan.

“Program belajar reksa dana lewat microsite “10 Golden Rules” terdiri dari berbagai konten menarik yang mudah dicerna, termasuk video, kuis berhadiah, serta artikel-artikel berisi tips berinvestasi dengan baik dan benar. Kami harapkan, kampanye ini akan meningkatkan pemahaman pentingnya investasi sejak usia muda untuk perencanaan keuangan di masa depan,” katanya.

STEVY WIDIA