Peta Persaingan E-Commerce Indonesia

Inilah peta persaingan bisnis e-commerce di Indonesia (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bisnis e-commerce di Indonesia terus berkembang. Ini ditandai, antara lain oleh jumlah pemain e-commerce dan nilai transaksi yang terjadi. Pertumbuhan bisnisnya sebesar 50% per tahun.

Berdasarkan data, sebanyak 76% pengguna internet di Indonesia sudah melakukan transaksi online. Dan, rata-rata sudah menghabiskan uang sebesar Rp 5,5 juta selama satu tahun.

Greenber Brand Strategy memprediksi, pada tahun 2020 besaran transaksi di pasar e-commerce di Indonesia mencapai US$ 130 miliar atau setara Rp 1.700 triliun.

Tak mengherankan, saat ini e-commerce menjadi pilihan yang paling diminati para pemilik modal. Pemain e-commerce pun terus bermunculan di Indonesia, baik lokal maupun yang mengembangkan sayap bisnisnya di sini. Pertanyaannya, siapa pelaku e-commerce yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini?

Baru-baru ini, Andrew Prasatya dan timnya di Content Marketer iPrice Group, menyusun peta e-commerce Indonesia. Temuannya itu merupakan hasil dari riset serta verifikasi langsung ke semua toko online tersebut.

Menurut Andrew, data pelaku e-commerce yang tepercaya telah diverifikasi oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). “Dari hasil analisis iPrice, didapat beberapa fakta menarik,” ucap Andrew.

Berikut adalah beberapa temuan menarik mengenai peta persaingan e-commerce di Indonesia:

  1. Terjadi kompetisi yang cukup sengit antara Tokopedia dan Bukalapak di semua parameter.
  2. Alfacart sebagai pemain paling muda, sudah bisa menyaingi Mataharimall dari segi pengunjung perbulan (Alfacart 16 juta pengunjung; Mataharimall 18 juta)
  3. Fakta media sosial dari 5 e-commerce Indonesia:
    1. Rata-rata followers di media sosial Twitter 174,722; Instagram 150,382; Facebook 1.973.655.
    2. Secara rata-rata, jumlah fans Facebook 13 kali lebih besar dari followers Instagram.
  4. E-commerce fashion memiliki followers Instagram paling banyak dibandingkan yang lain
    1. Dari Top 10 e-commerce dengan jumlah followers Instagram terbanyak, ada 5 e-commerce fashion (Hijup, 8Wood, Brodo, Berrybenka, dan bobobobo)
    2. Blibli merupakan e-Commerce dengan jumlah followers terbesar (Facebook dan Twitter).

Berikut adalah Peta E-commerce Indonesia secara lengkap versi iPrice:

 

 

STEVY WIDIA

1 COMMENT

LEAVE A REPLY