Melalui Ngebuat.com, Anak-anak Muda ini Ajak Masyarakat Swakriya

Melalui Ngebuat.com, Anak-anak Muda ini Ajak Masyarakat Swakriya (Foto: ITB/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sifat masyarakat Indonesia cenderung lebih konsumtif, dibandingkan produktif. Padahal, benda-benda yang terlihat dibuat dengan profesional dan dijual di pasaran dapat dibuat dengan mudah asalkan tahu langkah-langkah pengerjaannya.

Kondisi itulah yang memacu empat anak muda lulusan ITB, yaitu Jonathan Pribadi, I Wayan Kurniawan Aditya W., Diardano Raihan, dan I Wayan Palaguna Krisnadi, mengembangkan situs berbasis swakriya, atau lebih dikenal dengan DIY (do it yourself): Ngebuat.com.

Menurut Diardano, Ngebuat.com merupakan sebuah situs Do It Your Self berbahasa Indonesia yang berisi Tutorial dan Instruksi dalam membuat sesuatu dan akan membantu hidup anda menjadi lebih Kreatif, Inovatif, dan Produktif. Di dalam situs ini kan dijelaskan, seperti alat dan bahan, langkah pengerjaan secara bertahap, serta foto-foto yang dapat mempermudah proses pembuatan. Ngebuat.com mengajak masyarakat untuk menciptakan kreasi-kreasi secara mandiri melalui bahasa yang mudah dimengerti.

Hasil karya dari instruksi yang disediakan oleh Ngebuat.com dibagi menjadi 4 kategori besar, yaitu teknologi, makanan, dekorasi, dan kerajinan tangan.

“Kami juga tidak hanya ingin menjangkau setiap individu, tetapi juga setiap komunitas pengkaryaan yang ada dari Sabang sampai Merauke. Kami juga ingin masyarakat dapat saling bertukar ide dan pikiran tentang karya dengan Ngebuat.com, sehingga hal-hal yang selama ini belum terekspos pun dapat muncul,” tutur Diardano, seperti dikutip dari laman ITB.

Pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang ke-29 di IPB, tim Ngebuat.com berhasil membuktikan potensinya dan meraih medali emas pada Program Kreasi Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dengan segala keunikan dan kejutannya.

Selepas PIMNAS ini, mereka bertekad untuk mengembangkan dan memperbaiki Ngebuat.com hingga dapat dipakai oleh masyarakat luas dengan lebih baik lagi. “Dengan adanya Ngebuat.com, kami berharap ketertarikan masyarakat Indonesia dalam hal membuat karya terwadahi dan dapat tersalurkan, bahkan dapat membentuk kolaborasi antar-komunitas,” imbuh Jonathan.

 

RADEN DIBI IRNAWAN

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY