Inilah Pemenang Kompetisi Maskot JD.ID

Joy karya seorang illustrator asal Madiun, Roni Ertanto, terpilih sebagai pemenang kompetisi Maskot JD.ID (Foto: JD.ID/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Joy terpilih sebagai maskot terbaru perusahaan e-dagang JD.ID. Maskot dalam wujud kuda putih berkalung merah ini merupakan hasil karya seorang illustrator asal Madiun, Roni Ertanto. Ia mengalahkan 350 karya lainnya.

Maskot Joy dipilih berdasarkan kompetisi logo yang diselenggarakan pihak JD.ID pada 29 April hingga 19 Juni 2016 lalu. Maskot Joy tampil dalam wujud kuda putih berkalung merah. Nama Joy sendiri diambil dari slogan JD.ID, yakni “Make Joy Happen” yang diharapkan nama ini diasosiasikan dengan kegembiraan dan kebahagiaan (joy) bagi semua pemangku kepentingannya.

Joy adalah hasil karya Roni Ertanto, seorang illustrator asal Madiun yang berpartisipasi dalam kontes membuat maskot JD.ID sejak pertengahan tahun ini dan berhasil menyisihkan 350 karya yang masuk.

Pria berusia 33 tahun ini sehari-harinya bekerja sebagai freelance illustrator dan saat ini ia sedang fokus pada pembuatan aset game 2 dimensi dengan perusahaan di luar negeri. Selain itu, ada beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan brand identity seperti logo dan maskot.

Kontes maskot JD.ID merupakan kemenangan kedua Roni setelah sebelumnya ia juga pernah memenangkan kontes maskot yang diadakan oleh Western Digital Technologies dan Media Freak Singapore.

Sebelum membuat maskot untuk JD.ID, ia terlebih dahulu melakukan riset. Ia menyesuaikan dengan maskot JD.com yang ada di Tiongkok yang berupa hewan anjing. Menurut pria yang disapa akrab Roni ini, kedua maskot JD.ID dan JD.com harus dapat menjadi satu kesatuan yang memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Jika hewan anjing melambangkan loyalitas dan persahabatan, maka hewan kuda dia anggap melambangkan kekuatan. Bagi Roni, jika kedua maskot ini dijadikan satu maka akan terlihat seperti saudara.

Menurut Teddy Arifianto, Head of Corporate Communication & Public Affairs JD.ID, pemenang kompetisi maskot JD.ID itu dipilih berdasarkan proses seleksi yang cukup panjang. Mulai dari penjurian, evaluasi internal, dan pertimbangan kecocokan antara logo dengan kepribadian JD.ID.

“Kami juga terlebih dahulu melakukan konsolidasi dengan JD.com sebagai perusahaan induk. Ini merupakan bukti keseriusan & komitmen JD.ID untuk melayani pasar Indonesia,” ujar Teddy.

Atas keberhasilannya itu, Roni berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 20.000.000, perangkat Wacom Lintiq 13 HD 13.3”, serta voucher belanja JD.ID senilai Rp 1.000.000.

JD.ID juga mengumumkan pemenang favorit yang dipilih berdasarkan pilihan terbanyak di Instagram JD.ID. Maskot berupa sosok tokoh karakter kartun laki-laki bertopi karya Tri Irawan adalah yang terpilih menjadi pemenang untuk maskot terfavorit. Pemenang favorit berhak mendapat perangkat Wacom Intuos Pro Small 4×6.

Ke depannya sosok JOY ini diharapkan dapat menjadi wajah baru bagi JD.ID untuk lebih mendekatkan diri dengan para konsumennya.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY