Inilah 10 Nominasi Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Eny Budi Sri Haryani (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Seni dan budaya di Indonesia perlu mendapatkan perhatian lebih khususnya dari pemerintah, seperti halnya pada dunia perfilman sebagai wahana kreatifitas bagi anak muda. Untuk itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memandang perlu adanya ajang Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia (FFIPPKI) 2016.

“Semoga FFPPKI ini bisa diminati banyak pemuda khususnya para pelajar usia SMA. Sekarang ini gadget sudah canggih, aplikasi kamera nantinya bisa dimanfaatkan untuk membuat film pendek untuk FFPPKI ini. Keuntungannya nanti akan mendapatkan hadiah di setiap kategori nominasinya,” ujar Faisal Abdullah, Plt. Deputi Pemberdayaan Pemuda, di Jakarta (25/10).

Dijelaskan Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Eny Budi Sri Haryani, pendaftaran film pendek telah dibuka sejak 17 Agustus – 20 Oktober 2016. Genre Film yang dilombakan adalah Fiksi dengan durasi 5 – 15 menit. Peserta adalah muda-mudi dengan batas usia 16 – 30 tahun. Film dibuat dengan teknologi digital, peralatan bebas, adapun hasil akhir disarankan dengan format Mpeg 4 (MP4).

“Peserta yang terdaftar dan memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 117 film pendek dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia,” ucap Eny.

Berdasarkan hasil kurasi yang dilakukan tim seleksi, yang terdiri: M. Fazrie Permana (Ketua Tim Kurasi), Syamsul Ma`arif (Anggota), Ony Wahyu Pahlevi (Anggota), terpilih 10 nominasi film. Nah, 10 film terbaik itu akan dinilai oleh juri utama pada 1 November 2016. Tim juri terdiri dari Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Eny Budi Sri Haryani, Sentot  Sahid (Produser Frameritz), Happy Salma (Sutradara dan Artis), Yandi Laurens (Sutradara Muda) dan Swasti Astra (Deputy Direktor Marketing Metro TV).

Dewan juri akan memberikan 5 kategori pemenang, yaitu : Best Movie, Best Inspiration, Best Director, Best Actor, Spesial Choice.

Inilah 10 Nominasi Film Pendek yang lolos kurasi: (1) I Love Me, (2) Indigo, (3) Ini Tanah Kami, (4) Kesusu, (5) Layang Layang Waktu, (6) Narasi Sesepuh, (7) Pelipur Lara, (8) Pos Kamling, (9) Setetes Koin, (10) Unjukan.

Rencananya, ajang film pendek ini akan diagendakan secara ritin tiap tahun. Bahkan, rencananya, hasil fim pendek terbaik akan dibawa ke festival-festival film Internasional.

“Dengan adanya kegiatan FFPPKI, saya berharap, para pemuda khususnya pelajar SMA akan banyak untuk mengeluti dunia perfilman dan mengikuti festival ini. FFPPKI ini persyaratannya tidaklah susah. Rencananya hasil film pendek terbaik juga akan dibawa ke festival-festival film Internasional,” tukas Faisal.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY