Ingin Jadi Pembuat Game? Ini Kiat Penting Yang Perlu Diketahui

Jasmine H. Surkatty Founder & CEO JHS Production. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Industri game di Tanah Air terus berkembang. Di sisi lain peta persaingan pun semakin ketat. Berikut ada kiat dari Jasmine H. Surkatty Founder & CEO JHS Production bagi mereka yang ingin berkecimpung sebagai game developer.

Jasmine yang juga pengembang Game Ga Jelas, mengungapkan, para pembuat aplikasi game harus dapat melihat peluang pasar. Terutama apa yang tengah diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, sebelum membuat aplikasi game untuk mengenali passion dari si game developer sendiri.

“Langkah awal sebelum memulai dan membuat aplikasi game yang harus diperhatikan adalah kenali dulu apa sebenarnya passion kita. Karena kalau kita nggak merasa enjoy membuat game, akan lebih mudah diketahui kelemahan diri maupun kelemahan game kita nanti oleh calon pemainnya,” ungkap Jasmine saat ditemui Youngsters.id Sabtu (29/7/2017) di sela acara Bekraf Game Developer di Balai Kartini Jakarta.

“Selanjutnya agar selalu membawa diri sebagai game developer kemana-mana. Agar pesan melalui game yang kita sampaikan ke calon pemainnya bisa dengan mudah dikenal. Jangan malu dan sungkan membuka hubungan dengan game developer lain. Ketika aplikasi kita terdapat kekurangan di industri ini game developer akan dengan senang hati mampu membantu menutupi kekurangan game yang pernah kita buat pastinya,” katanya lagi.

Selain beberapa langkah di atas, Jasmine juga menjelaskan perihal lain yang harus diperhatikan oleh developer adalah menghadirkan tampilan luar game yang catchy atau menarik bagi gamer.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ikon yang unik, ulasan di screenshots yang menarik, serta menentukan keyword yang familiar.

“Ada yang bilang kesan pertama itu akan menentukan. Jadi apabila kita ke apps store, screenshot-nya menarik dan kelihatannya menjanjikan. Biasanya dari situ orang lain yang melihat akan langsung mendownloadnya,” tutur Jasmine.

“Aku ini dulu nggak mengerti apa-apa tentang aplikasi game, tahunya hanya suka main gamenya. Tetapi ketika masuk di industri aku banyak sharing dan pelan-pelan belajar sehingga aku bisa mengerti ketika ingin membuat aplikasi game,” tuntasnya.

 

AHRUL ANWAR