Bang Joni, Chatbot Asli Indonesia

(kanan) Diatce Harahap founder chatbot Bang Joni tengah memaparkan fitur yang dimiliki. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tahun ini diramalkan dunia teknologi akan boming dengan teknologi artificial intelligence (AI). Salah satunya adalah chatbot (layanan asisten virtual). Indonesia juga punya chatbot lokal bernama Bang Joni.

Bang Joni bernaung di bawah startup PT. Jualan Online Indonesia (JONI) dan digawangi oleh dua teknopreneur muda yang berbasis di Jakarta, yaitu Diatce Harahap dan Arra Primanta.

Diatce yang akrab disapa Atce menjelaskan chatbot adalah salah satu pendekatan dari teknologi artificial intelligence (AI).

“Kami percaya bahwa chatbot akan menjadi sebuah megatrend yang memiliki pengaruh luas dalam kehidupan masyarakat. Bahkan pasar corporate sudah mulai melirik teknologi ini karena sumber daya yang elbih efisien, formatnya yang interaktif, kecerdasannya, serta kemampuannya dalam memberikan pelayanan secara personal, sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang spesifik,” ungkap Diatce Harahap founder dan CEO PT Jualan Online Indonesia (JONI) kepada Youngsters, Kamis (27/4/2017) di Jakarta.

Menurut Atce, teknologi AI ini memiliki tiga pendekatan, yaitu chat, voice recognition, dan motion. Lantas, mengapa Bang Joni hadir dalam bentuk chatting, bukan dalam versi aplikasi?

“Kenapa kami memilih chatbot karena pendekatan ini lebih cepat pintarnya si bot-nya ini. Kemampuannya dalam membaca data dalam waktu singkat dan memberikan hasilnya juga cepat. Selain itu komunikasi dua arah lebih interaktif, secara customer satisfaction juga sangat tinggi. Kami lihat para generasi millennials di Indonesia suka menggunakan aplikasi pesan instan dan cenderung menghabiskan waktunya di sana,” papar Atce .

Layanan ini tak hanya untuk chatting. JONI bekerjasama dengan sejumlah merchant untuk sejumlah layanan. Mulai dari pemesanan jasa transportasi, pemesanan tiket pesawat, hotel, rekomemdasi kuliner, informasi realtime (prakiraan cuaca, info lalulintas), transaksi online, (pembelian pulsa dan token listrik), reminder, layanan penerjemah dan lainnya. Semua itu tersedia gratis tanpa hidden cost.

“User (pengguna) bisa memesan layanan apa pun pada merchant yang sudah bekerja sama kita dengan hanya chatting dengan bot kami. Bang Joni ini seperti menyatukan berbagai macam user interface dari berbagai macam layanan menjadi hanya satu user interface saja,” kata Atce.

Keunikan lain Bang Joni menurut Atce, terletak pada kemampuan analitiknya yang tinggi dan terus berkembang. Artinya, Bang Joni dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna bahkan sebelum pertanyaan atau permintaan diberikan melalui chat. Sebagai contoh, Bang Joni dapat mengingatkan pengguna untuk mengisi pulsa, memberikan prakiraan cuaca, atau info lalu lintas, memberikan alert untuk acara-acara penting dan lainnya.

Bahkan untuk memberikan kemudahan inu ke aebanyak pengguna, Bang Joni menjalin kontrak ekslusif dengan aplikasi LINE messenger yang telah memiliki 90 juta pengguna di seluruh Indonesia.

“Melalui kerjasama ini Bang Joni menjadi mitra LINE dalam melahirkan tren baru penyediaan informasi dan transkasi melalui chatbot. Kedepan kami akan menjalun lebih banyak kerjasama dengan merchant lainnya dan menghadirkan fotur interkoneksi layanan antar merchant, “tuntas Atce.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY