Socio Digi Leaders Telkom, Bentuk Pemimpin Digital Berwawasan Sosial

Pembukaan program Socio Digi Leaders 2016 yang dihadiri oleh direksi PT Telkom, di Bandung (8/8)

Telkom menggelar program Socio Digital Leaders, sebuah ajang pencarian sociopreneur berbasis teknologi. Ajang ini diharapkan dapat mendorong para developer muda mengembangkan aplikasi teknologi berbasis sosial dan lingkungan di Indonesia.

Socio Digi Leader ini dikemas melalui kompetisi ide dalam bentuk aplikasi digital yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sosial. Peserta dengan ide yang terpilih akan mendapatkan paid internship dengan bimbingan mentor dalam leadership program, entrepreneurship dan societal need orientation.

Program ini dimulai pada Juni 2016, dan telah memilih 20 tim terbaik dari 231 tim. Mereka datang dari Makasar, Balikpapan, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bandung.

Sindhu Aryanto Deputy SGM HC Shared Service selaku pelaksana SDL mengatakan, seleksi untuk ajang ini berlangsung ketat. “Kami menilai tim kreatif berdasarkan ide mereka yang diekspose di media sosial. Terutama ide dan aplikasi yang berdampak langsung dengan masyakat,” kata Sindhu saat pembukaan paid intership, Senin (8/8/2016) di Bandung.

SDL merupakan program terbaru untuk para developer muda dari Telkom. Berbeda dengan program lain seperti Indigo atau Hackathon , SDL lebih ditujukan pada ide kreatif dan aplikasi berdampak sosial. Ide paling kreatif di SDL, kata Sindhu berhak mendapatkan hadiah menarik berupa kunjungan ke Sillicon Valley, Scholarship, dan mengikuti Seminar International. Bahkan, kepada peserta yang memenuhi persyaratan nantinya akan berpeluang bergabung dengan Telkom Group. “Telkom sedang bertransformasi ke perusahaan digital. Tekad itu mendapat dukungam positif dari pasar dan investor. Karena itu kami terus mendorong pengembang aplikasi digital,” jelas Sindhu.

Sementara itu, Direktur Consumer Service PT Telkom Dian Rachmawan mengatakan program ini merupakan salah satu bentuk inisiatif Telkom mendorong kesiapan Indonesia menghadapi tantangan masa depan.

“Saat ini kita butuh membangun anak-anak muda yang dapat membuat aplikasi yang berguna bagi masyarakat luas. Sehingga kita bukan lagi jadi pasar  konsumtif dari produk aplikasi luar, tetapi penghasil  aplikasi yang berguna,” kata Dian dihadapan 60 peserta SDL.

 

Direktur Consumer Service PT Telkom Dian Rachmawan sedang memberikan pembekalan kepada 60 peserta SDL, di Bandung (9/8).
Direktur Consumer Service PT Telkom Dian Rachmawan sedang memberikan pembekalan kepada 60 peserta SDL, di Bandung (9/8).

 

Dengan kampanye tagar #IndonesiaButuhKita untuk program Socio Digi Leaders ini, Telkom optimis akan ada banyak calon pemimpin bangsa yang kreatif dan memiliki kepekaan sosial serta siap berkompetisi secara global. Dengan itu, Indonesia optimis untuk dapat menjadi bagian dari negara-negara G-10 di tahun 2020 dan G-8 di tahun 2030.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan program yang diberi nama Socio Digi Leaders. Program tersebut dimaksudkan untuk mendorong sekaligus menjaring talenta muda berbakat yang memiliki kepekaan sosial untuk mengimplementasi ide serta gagasannya dalam wadah aplikasi digital.

“Dengan adanya program Socio Digi Leaders diharapkan akan muncul pemimpin digital yang nantinya mampu berkontribusi untuk memecahkan masalah sosial di Indonesia dengan kreativitas dan inovasi berbasis digital,” ujar Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman, beberapa waktu lalu.

Socio Digi Leader ini dikemas melalui kompetisi ide dalam bentuk aplikasi digital yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sosial. Peserta dengan ide yang terpilih akan mendapatkan paid internship dengan bimbingan mentor dalam leadership program, entrepreneurship dan societal need orientation.

Untuk registrasi dimulai sejak tanggal 1 Juni hingga 30 Juni 2016 dengan syarat dan ketentuan yang terdapat di www.telkom.co.id.

Ide paling kreatif berhak mendapatkan hadiah menarik berupa kunjungan ke Sillicon Valley, Scholarship, dan mengikuti Seminar International. Bahkan, kepada peserta yang memenuhi persyaratan nantinya akan berpeluang bergabung dengan Telkom Group.

“Digital bisnis membuka peluang untuk meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai aspek termasuk sosial kemasyarakatan,” tutur Herdy.

 

Tahapan Social Digital Leaders Raih Pemenang

Socio Digi Leader adalah kompetisi ide dalam bentuk aplikasi digital yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk lingkungan sosial. Peserta dengan ide yang terpilih akan mendapatkan paid internship dengan bimbingan mentor dalam leadership program, entrepreneurship dan societal need orientation.

Ide paling kreatif berhak mendapatkan hadiah menarik berupa kunjungan ke Sillicon Valley, Scholarship, dan mengikuti Seminar International. Selain itu, kepada Peserta yang memenuhi syarat memiliki peluang untuk bergabung dengan Telkom Group.

 

Tahapan SDL :

  • Tahap Submit Idea: Pendaftaran ide dari tanggal 1 – 30 Juni 2016 lewat situs www.telkom.co.id serta upload video di media sosial dengan #SDLTelkom.
  • Tahap Presenting Idea : 50 ide terbaik dipilih dan berhak menyampaikan presentasi di depan para juri.
  • Tahap Intership : 20 tim terbaik yang lolos seleksi mendapatkan Leadership Development, Enterpreneurship dan societal Need Orientation. Berlangsung pada 8-13 Agustus 2016 di Bandung, Jawa Barat.
  • Tahap Final Presentation : Persentasi implementasi program di depan Boardof Director Telkom Grup.
  • Tahap Inauguration : Penetapan pemenang kompetisi (bukan September 2016).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*