Telkom Perkuat Bisnis Data Center di Singapura

CEO Telin Singapore Septika N. Widyasrini (paling kiri), Menteri Komunikasi dan Informasi Singapore Dr Janil Puthucheary (kedua dari kiri), Menteri BUMN RI Rini M Soemarno (ketiga dari kiri), Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya (ketiga dari kanan), CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (kedua dari kanan), dan Ketua Komisi VI DPR RI Ir H. Teguh Juwarno (paling kanan) pada saat peresmian Telin 3 Data Centre di Singapura (22/11).

Telin Singapore yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TelkomGroup) meresmikan data center ketiganya, yaitu Telin-3, yang berlokasi di Singapore Data Centre Park (DCP) di Jurong, Singapura.

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Janil Puthucheary hadir untuk meresmikan Telin-3, Selasa (22/11). Peresmian Data Center Telin-3 ini merupakan langkah penting bagi Telkom untuk mewujudkan visinya  menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di regional.

Telin-3 dirancang sebagai data center premium yang futuristik merupakan data center pertama dan satu-satunya yang mendapat sertifikasi rancangan Tier-IV dari Uptime Institute (UTI), sebuah institusi data center yang memiliki reputasi internasional. Sertifikasi ini diberikan kepada Telin-3 yang telah memenuhi standar pengelolaan risiko yang ketat, dan jaminan keamanan data yang dibutuhkan beragam industri.

Sebelumnya Telin-3 telah meraih sertifikasi Tier-III Constructed Facility dari UTI yang membuktikan bahwa Telin-3 memiliki standar tinggi terhadap kehandalan pelayanan data center sebagai kunci pemenuhan kebutuhan pelanggan. Dibangun 5 lantai di area seluas 20.000 m2 dan mengadopsi sistem multi-tier, Telin-3 menyediakan layanan yang fleksibel dengan sistem modular, sehingga pelanggan dapat memilih beragam layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Kehadiran Telin-3 melengkapi data center berkelas dunia yang telah dimiliki TelkomGroup saat ini di Indonesia seluas 100.000 meter persegi dengan klasifikasi Tier-III yang berlokasi di Serpong Tangerang, Sentul, dan Surabaya, juga klasifikasi Tier-IV yang berlokasi di Jatinegara serta Data Center lainnya di banyak lokasi di area Jakarta.

CEO Telin Singapore Septika N. Widyasrini menambahkan, “Telin-3 bukan sekedar data center biasa, namun merupakan data center yang futuristik, handal, fleksibel dan mudah dikembangkan, yang telah lama diidamkan oleh TelkomGroup. Telin-3 juga merupakan penyedia carrier-neutral data center yang telah tersambung oleh jaringan serat optik domestik milik Telin Singapore. Telin-3 juga terhubung dengan jaringan kabel laut internasional milik TelkomGroup, sehingga menjadikan posisinya sebagai Global Telecommunication Hub.”

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga dalam sambutan peresmian Telin-3 mengatakan, “Data Center Telin-3 ini merupakan salah satu langkah penting bagi TelkomGroup dalam mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi King of Digital di regional. Kami yakin bahwa investasi ini akan meningkatkan kemampuan kami untuk mendukung ekosistem bisnis digital pelanggan secara regional maupun global.”

“Telin Singapore merupakan footprint pertama yang didirikan TelkomGroup untuk merambah bisnis internasional. Sejalan dengan strategi expansi bisnis internasional, Data Center Telin-3 merupakan salah satu investasi penting untuk memperkuat dan memperluas portofolio bisnis digital”, tegas Alex.

Telin-3 merupakan data center pertama berbasis software di Asia Pasifik yang dibangun dengan VMWare Validated Design. Rancangan ini akan memungkinkan Telin Singapore menyediakan solusi menyeluruh data center yang meliputi layanan pengolahan data, penyimpanan, sistem jaringan hingga pengelolaan layanan. Dengan demikian, Telin-3 mampu menawarkan ekosistem yang lengkap untuk private dan publik, dengan sistem cloud dan platform, guna memenuhi permintaan akan ekosistem bisnis digital yang terus tumbuh, di Singapura, regional dan global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*